Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lagi, Indonesia Sabet Emas di Olimpiade Fisika Asia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/teguh-santosa-1'>TEGUH SANTOSA</a>
LAPORAN: TEGUH SANTOSA
  • Senin, 09 Mei 2011, 15:56 WIB
RMOL. Indonesia kembali mempertahankan tradisi emas dalam Olimpiade Fisika Asia atau Asian Physics Olympiad (APhO) ke-12 yang diselenggarakan di Tel Aviv, Israel dari tanggal 1 hingga 9 Mei 2011.   

Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) sukses mempertahankan tradisi
emas dengan memperoleh satu medali emas dan dua Honorable Mention (HM).

Untuk tahun ini, Evan Laksono, SMAK IPEKA Tomang Jakarta yang berhasil meraih medali emas APhO untuk tim Indonesia.

Selain mendapatkan medali emas, Indonesia juga meraih gelar Honorable Mention. Adalah dua siswa yang mendapatkan gelar ini, yakni Erwin Handoko Tanin, siswa SMA Sutomo 1 Medan dan Limiardi Eka Sancerio siswa SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang.  

Sebelumnya, tim olimpiade ini dibina selama 6 bulan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya di Tangerang, Banten dengan dukungan dana dari Surya Institute.

APhO sendiri merupakan kompetisi negara-negara Asia yang diprakarsai oleh
Prof. Dr. Yohanes Surya pada tahun 2000.  Indonesia selalu berpartisipasi sejak APhO pertama kali ini di Indonesia, dan berprestasi sangat baik dengan pencapaian sampai tahun ini adalah 23 medali emas, 15 perak, 27 perunggu dan 35 Honorable Mention (HM). Indonesia selalu meraih medali emas di APhO sejak tahun 2005.

Sementara di International Physics Olympiad (IPhO), sejak tahun 1993 Indonesia meraih 20 medali emas, 18 perak, 25 perunggu dan 15 HM. Indonesia secara konsisten meraih medali emas sejak IPhO tahun 2002.[arp]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA