Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Masih Hitung Kenaikan Gaji Hakim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 08 Oktober 2024, 12:46 WIB
Jokowi Masih Hitung Kenaikan Gaji Hakim
Presiden Joko Widodo/Ist
rmol news logo Persoalan kesejahteraan hakim yang gajinya tidak mengalami kenaikkan selama 12 tahun sudah sampai di telinga Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Jokowi mengatakan, persoalan kenaikan gaji hakim tengah dikaji dan dikalkulasi oleh kementerian terkait. 

Hal ini disampaikan Jokowi usai membuka BNI Investor Daily Summit 2024 di JCC, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024.

"Semuanya masih dalam kajian dan perhitungan di Menpan, Menteri Hukum dan HAM, dan juga Kementerian Keuangan. Semuanya baru dihitung dan dikalkulasi," ujar Jokowi. 

Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) pada hari ini menyambangi gedung DPR RI untuk mengadukan nasib mereka terkait kesejahteraan.

Koordinator SHI, Rangga menyampaikan para hakim melakukan aksi cuti bersama untuk menyuarakan aspirasi mereka yang belum mendapatkan kesejahteraan di Indonesia.

"Kami meminta keadilan terhadap pendapatan kami. Sejak tahun 2012 sampai saat ini tidak naik-naik pak, baik gaji pokok maupun tunjangan jabatan," kata Rangga saat ditemui Pimpinan DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di ruang rapat Komisi III.

Rangga menegaskan, kedatangan para hakim ke Senayan ini untuk meminta DPR mendesak pemerintah agar hakim di Indonesia mendapatkan gaji yang layak, adil, dan sejahtera.

"Kami mempunyai kekuasaan dapat menentukan yang hak bisa kami jadikan batil, yang benar bisa kami salahkan," tandasnya.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA