Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Jakarta 2024

Elektabilitas Rido Unggul dari 2 Paslon Lain, Persaingan Tetap Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 04 Oktober 2024, 15:57 WIB
Elektabilitas Rido Unggul dari 2 Paslon Lain, Persaingan Tetap Ketat
Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Suswono/Istimewa
rmol news logo Elektabilitas pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil dan Suswono, masih menjadi yang terdepan berdasarkan hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia.

Hal ini juga selaras dengan beberapa lembaga survei kenamaan lain yang sudah lebih dulu merilis hasil survei terkait  Pilkada Jakarta 2024.

”Kalau kita lihat Kang Emil-Suswono masih memimpin dengan 48,3 persen,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, dalam keterangannya, Jumat (4/10).

Sementara pasangan Pramono Anung-Rano Karno berada di posisi kedua dengan elektabilitas 36,5 persen, dan posisi ketiga paslon Dharma Pongrekun-Kun Wardana dengan 5,6 persen. 

Meski jarak elektabilitas ketiga pasangan cukup besar, menurut Winarto, persaingan masih cukup ketat. Terlebih antara pasangan Rido dengan Pramono-Rano. 

Bahkan, lanjut Yunarto, baik Rido maupun Pramono-Rano sama-sama punya peluang untuk mendapatkan elektabilitas dengan angka yang memenuhi syarat menjadi pemenang satu putaran, yakni 50 persen plus 1. 

Adapun survei Charta Politik yang dilakukan pada 19-24 September 2024 ini melibatkan suara dari 1.200 responden yang dipastikan memiliki hak pilih dalam Pilkada Jakarta tahun ini, dan dilakukan dengan metode multistage random sampling. Sementara margin of error dari survei tersebut berada pada kisaran 2,83. 

Charta Politika memastikan bahwa ribuan responden dalam survei tersebut berasal dari 6 wilayah administrasi di Jakarta. Baik Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, maupun Kepulauan Seribu. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA