Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Publik Tak Puas pada Petahana, Elektabilitas Rudy-Seno Melesat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 23 September 2024, 10:02 WIB
Publik Tak Puas pada Petahana, Elektabilitas Rudy-Seno Melesat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Berstatus sebagai petahana Gubernur Kalimantan Timur, tidak membuat Isran Noor bersama pasangannya Hadi Mulyadi bisa berleha-leha menjelang Pilkada 2024.

Dalam survei terbaru Citra Nasional Network (CNN) mengenai peta kekuatan elektabilitas Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur 2024, Isran Noor-Hadi Mulyadi tertinggal dari kompetitornya Rudy Mas'ud-Seno Aji.

"Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji mengungguli pasangan petahana, Isran Noor-Hadi Mulyadi," kata Direktur Eksekutif CNN Robby Rosiadi dalam keterangannya, Senin (23/9).

Dipaparkan Robby, pasangan Isran-Hadi memiliki tingkat popularitas tertinggi, di mana 58,7 persen responden mengenali mereka. Namun, hanya 38,9 persen yang menyatakan suka terhadap pasangan ini.

"Hal ini mengindikasikan adanya tantangan bagi petahana untuk mempertahankan dukungan di tengah ketidakpuasan yang mungkin dirasakan oleh sebagian pemilih," kata Robby.

Sementara itu, pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji dikenal oleh 52,6 persen responden, dengan 68,1 persen dari mereka yang mengenal pasangan tersebut menyatakan suka.

Adapun, ketika responden diminta untuk menyebutkan pasangan calon yang terlintas di pikiran mereka, pasangan Rudy-Seno meraih angka 49,3 persen. Sedangkan Isran-Hadi hanya mendapatkan 29,6 persen.

"Kemudian, sebanyak 21,1 persen responden tidak memberikan pilihan sama sekali," pungkasnya.

Survei ini dilaksanakan pada 8 hingga 20 September 2024, dengan melibatkan 1.600 responden.

Responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka antara surveyor dan responden terpilih dengan nilai margin of error sekitar 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA