Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembentukan Fraksi DPRD DKI Jakarta

Perindo Gabung Demokrat, PPP Gabung PKB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 11 September 2024, 16:16 WIB
Perindo Gabung Demokrat, PPP Gabung PKB
Gedung DPRD DKI Jakarta/Ist
rmol news logo Partai-partai yang memiliki kursi sedikit di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta harus bergabung dengan fraksi yang lebih besar. 

Dalam proses pembentukan fraksi ini, pimpinan sementara DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani, menyebut PPP dan Perindo diperkirakan akan bergabung dengan partai lain karena hanya memiliki satu kursi.

"Memang partai yang kursinya sedikit, mereka tidak bisa membentuk fraksi sendiri. Mereka harus mengikut fraksi yang ada," kata Achmad Yani di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (11/9).

Achmad Yani mencontohkan bahwa Partai Demokrat bisa berdiri sendiri sebagai fraksi karena memiliki kursi yang cukup. Namun, Perindo yang hanya memiliki satu kursi tidak bisa membentuk fraksi sendiri, sehingga akan bergabung dengan Demokrat. 

Hal serupa terjadi pada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memiliki satu kursi dan kemungkinan akan bergabung dengan Fraksi PKB.

Saat ini, keputusan tersebut masih dalam proses dan belum final. Surat usulan sudah disampaikan, namun masing-masing partai belum memberikan pernyataan resmi terkait keputusan ini.

"Usulan surat itu sudah kita sampaikan, dari masing-masing partai belum menyampaikan hal itu," pungkas politikus  tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA