Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Lebih Pilih Plt untuk Isi Kursi Mensos dan Seskab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 10 September 2024, 07:55 WIB
Jokowi Lebih Pilih Plt untuk Isi Kursi Mensos dan Seskab
Presiden Joko Widodo dan Pramono Anung/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo diyakini lebih memilih pelaksana tugas (Plt) dibandingkan mereshuffle kabinetnya, menyusul adanya 2 menteri dari kabinet yang dipimpinnya mengundurkan diri karena ikut dalam pencalonan Pilkada 2024.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mundur karena ikut dalam Pilkada Jawa Timur dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung mundur karena ikut Pilkada Jakarta.

Analis komunikasi politik Hendri Satrio alias Hensat, mengatakan, saat ini  kursi Menteri Sosial diisi oleh Menko PMK Muhadjir Effendy sedangkan posisi Seskab kemungkinan akan diisi oleh Mensesneg Pratikno karena menurutnya masih dalam cakupan pekerjaan yang sama.

"Kalau reshuffle kabinet menurut saya belum mungkin kecuali Pak Jokowi ingin mempersiapkan calon-calon yang akan mengisi pos-pos tersebut untuk pemerintahan Prabowo nanti," kata Hensat lewat keterangan tertulisnya, Selasa (10/9).

Meski begitu, Founder Lembaga Survei KedaiKOPI itu juga tak menutup kemungkinan jika Jokowi memilih mereshuffle kabinet di sisa akhir jabatannya yang tinggal kurang lebih satu bulan lagi. Sebab, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden.

"Tapi saat ini nampaknya masih bisa diisi oleh pelaksana tugas mengingat masa jabatan Pak Jokowi yang tinggal sedikit lagi berakhir," kata Hensat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA