Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Median: Pasangan Amar-Hanipah Unggul di Pilkada Sumbawa Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 05 September 2024, 08:39 WIB
Survei Median: Pasangan Amar-Hanipah Unggul di Pilkada Sumbawa Barat
Elektabilitas Amar Nurmansyah-Hanipah Musyafirin berada di peringkat pertama hasil survei Median terkait Pilkada Sumbawa Barat 2024/Istimewa
rmol news logo Elektabilitas pasangan calon Amar Nurmansyah-Hanipah Musyafirin masih unggul dari paslon lainnya yang akan bertarung di Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat, November 2024 mendatang. Hal ini terungkap melalui hasil survei terbaru Media Survei Nasional (Median). 

Menurut peneliti Median, Ade Irfan Abdurrahman, ketika ditanyakan kepada para responden mengenai siapa paslon yang akan dipilih jika Pilkada Sumbawa Barat dilaksanakan saat ini, Amar-Hanipah menduduki peringkat pertama dengan 35,8 persen. 

"Diikuti pasangan Fud Syaifuddin-Aheruddin dengan 26,7 persen;  Nur Yasin-Sumardhan 8,8 persen; dan Ahmad Salim-Muhammad Nasir 2,4 persen. Sedangkan yang tidak menjawab sebesar 26,4 persen," ujar Ade Irfan, melalui keterangan tertulis, Kamis (5/9).

Bukan saja unggul dari sisi pasangan calon, nama Amar Nurmansyah dan Hanipah Musyafirin masing-masing juga unggul dari sisi elektabilitas sebagai calon Bupati dan calon Wakil Bupati Sumbawa Barat. 

Dituturkan Ade, dari sisi elektabilitas calon bupati, nama Amar Nurmansyah bertengger di peringkat pertama dengan 35,4 persen. Disusul Fud Syaifudin 27 persen, Nur Yasin 8,8 persen, Ahmad Salim 2,4 persen, dan 26,4 persen tidak menjawab.

"Sedangkan untuk elektabilitas calon wakil bupati, nama Hanipah Musyafirin berada di peringkat pertama dengan 30,1 persen. Dibuntuti Aheruddin 26,7 persen; Sumardhan 6,1 persen; Muhammad Nasir 4,1 persen. Sedangkan 33 persen tidak menjawab," paparnya.

Ade Irfan menambahkan, keunggulan paslon Amar-Hanipan tersebut tidak lepas dari tingginya popularitas mereka, dibandingkan tokoh-tokoh lain yang akan maju dalam Pilkada Sumbawa Barat.

"Ketika kami tanyakan kepada para responden, dengan menyebutkan beberapa nama tokoh, ternyata nama Amar Nurmansyah berada di peringkat teratas dengan 90,8 persen orang mengenalnya. Diikuti Fud Syaifuddin 86 persen,  sedangkan Hanipah Musyafirin di peringkat ketiga dengan 81,8 persen, Aheruddin 74,3 persen,  Nur Yasi 70,3 persen, Muhammad Nasir 59,1 persen, Ahmad Salim 36,8 persen, dan Sumardhan 36,5 persen," terangnya.

Tak hanya itu, dari sisi top of mind sebagai calon Bupati serta calon Wakil Bupati Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah dan Hanipah Musyafirin juga unggul dibanding tokoh-tokoh lainnya.

"Amar Nurmansyah menempati peringkat pertama dengan 30,7 persen. Disusul Fud Syaifuddin 25,7 persen; M. Nur Yasin 7,8 persen; Ahmad Salim 1,4 persen; Aherudin 0,7 persen; Muhammad Nasir 0,3 persen; dan 33,5 persen menjawab tidak tahu," katanya.

Sedangkan dari sisi top of mind calon Wakil Bupati Sumbawa Barat, nama Hanipah Musyafirin, masih berada di peringkat pertama dengan 29,7 persen. 

"Disusul Aheruddin 26,4 persen, Sumardhan 5,4 persen, Muhammad Nasir 2,4 persen, Fud Syaifudin 0,3 persen, Ahmad Salim 0,3. Sedangkan yang tidak menjawab 35 persen," terang Ade Irfan.

Survei ini dilakukan pada 10-18 Agustus 2024, terhadap 800 responden warga Sumbawa Barat yang memiliki hak suara. Adapun sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi. Hasil survei ini menunjukkan dinamika politik yang terjadi selama masa pengambilan data. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA