Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati dan SBY Absen di Pidato Tahunan Terakhir Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 16 Agustus 2024, 14:12 WIB
Megawati dan SBY Absen di Pidato Tahunan Terakhir Jokowi
Kolase Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)/RMOL
rmol news logo Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR 2024 merupakan kali terakhir. Pasalnya, pada 20 Oktober 2024 mendatang, Jokowi sudah tak lagi menjabat presiden.

Namun dalam momen sakral tersebut, dua presiden sebelumnya yakni Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak hadir kendati telah diundang. 

Meski masih menjabat presiden, pengaruh Jokowi terlihat mulai memudar dengan tidak hadirnya dua mantan presiden tersebut. Dua bulan jelang lengser, Jokowi memang dipandang sebelah mata oleh banyak elite politik.

Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDIP, menurut keterangan kadernya, Aria Bima pagi tadi dipastikan datang jika dalam keadaan sehat.

Saya belum tahu kepastiannya, soal hadir atau tidaknya. Bagi saya kalau ibu dalam kondisi yang sehat badan yang sehat pasti beliau hadir," kata Aria Bima di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Namun publik menduga, tak hadirnya Megawati lantaran masih kecewa dengan sikap Jokowi akhir-akhir ini. Dalam beberapa kesempatan, Megawati sering meluapkan kekesalannya itu atas dinamika yang terjadi di bawah orkestrasi Jokowi.

Sedangkan SBY berdasarkan keterangan dari putra sulungnya sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan tengah berada di Pacitan, Jawa Timur.

“Pak SBY saat ini sudah ada di Pacitan. Sudah berada di kampung halamannya," ujar AHY saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/8). 
  
Para mantan Wakil Presiden tampak hadir dalam Sidang Tahunan MPR 2024 ini, di antaranya Try Sutrisno, Jusuf Kalla dan Boediono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA