Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Mundur, Golkar Jateng Pastikan Tetap Dukung Dico Ganinduto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 14 Agustus 2024, 06:30 WIB
Airlangga Mundur, Golkar Jateng Pastikan Tetap Dukung Dico Ganinduto
Bakal calon Walikota Semarang Dico Ganinduto saat Deklarasi Dukungan Partai Golkar di Semarang, beberapa waktu lalu/RMOLJateng
rmol news logo Setelah pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar, dukungan kepada bakal calon Walikota Semarang Dico Ganinduto yang telah diberikan partai beringin disebut-sebut terancam ambyar.

Hal ini dikaitkan dengan kedekatan Dico dan Airlangga sebagai paman dan keponakan yang tidak begitu diterima di lingkungan internal Partai Golkar, khususnya di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Semarang.

Sumber internal menyebut, Partai Golkar Kota Semarang sudah menyiapkan calon sendiri dalam pemilihan walikota (Pilwalkot), namun diserobot oleh Dico. 

Hal inilah yang menimbulkan spekulasi bila dukungan untuk Dico dalam Pilwalkot Semarang akan memudar seiring mundurnya Airlangga Hartarto sebagai ketua umum. 

Namun, rumor itu dibantah oleh Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Tengah, Panggah Susanto, yang menegaskan DPD I Golkar Jateng masih tetap mendukung Dico untuk maju dalam Pilwalkot Semarang.

Menurut Panggah, rekomendasi untuk Dico, masih bersamaan dengan proses pembentukan koalisi dengan partai-partai lain.

"Proses pencalonan Dico M. Ganinduto sebagai Calon Walikota Semarang dari Partai Golkar saat ini masih dalam tahap finalisasi," kata Panggah dikutip RMOLJateng, Selasa (13/8).

Partai Golkar optimistis bahwa semua proses ini akan selesai sebelum batas waktu pendaftaran pada 27 Agustus mendatang.

“Kami yakin tidak akan ada pengaruh negatif yang signifikan terhadap proses ini. Semua akan berjalan sesuai rencana. Partai Golkar sudah terbiasa menghadapi dinamika politik seperti ini. Usulan-usulan calon dan pembentukan koalisi sudah melalui kajian yang matang, sehingga tidak akan banyak perubahan,” papar Panggah.

Terkait pengunduran diri Ketua Umum Partai Golkar yang sempat memicu spekulasi tentang adanya pergolakan di tubuh Golkar Jateng, Panggah menegaskan bahwa hal tersebut tidak akan berdampak pada dukungan terhadap Dico.

“Tidak ada pergolakan di tubuh Golkar Jawa Tengah. Dico M Ganinduto masih akan mendapat dukungan penuh dari partai, meski pun ada hubungan keluarga dengan Ketua Umum. Semua keputusan diambil berdasarkan pertimbangan yang matang dan kepentingan partai, bukan personal,” pungkas Panggah. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA