Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terus Berbenah dan Semakin Baik, ProDem Tolak Polri di Bawah Kemendagri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 07 Agustus 2024, 22:11 WIB
Terus Berbenah dan Semakin Baik, ProDem Tolak Polri di Bawah Kemendagri
Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Iwan Sumule/RMOL
rmol news logo Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Iwan Sumule menyayangkan wacana Polri berada di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Wacana yang menurutnya selalu muncul disetiap pemerintahan baru

Menurut dia, wacana tersebut sudah tidak lagi relevan karena institusi Polri saat ini terus berubah dan semakin baik. 

“Kinerja Polri sudah semakin baik dan sudah banyak berbenah di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo,” kata Iwan Sumule di Jakarta, Rabu (7/7). 

Salah satu Ketua DPP Gerindra itu menekankan, bukti Polri semakin baik terlihat dalam survei Litbang Kompas, dimana Polri mendapat 73,1 persen kepuasan masyarakat.  

Oleh karenanya, jika Polri di bawah Kemendagri, justru melemahkan dan dapat mempengaruhi profesionalisme petugas negara itu. 

Di sisi lain, wacana ini sebagai sebuah kemunduran, juga mengingkari amanat reformasi serta menguras waktu dan energi karena harus mengubah konstitusi dan Undang-undang. 

Masyarakat tentu akan dirugikan jika Polri di bawah kementerian, maka akan mempersempit ruang gerak dan pelayanan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Sebab Polri, kata Iwan, tidak cuma penegak hukum melainkan juga bertugas menjaga keamanan dan ketertiban bagi masyarakat. 

"Jadi, tugas Polri itu cukup berat. Memiliki tanggung jawab yang besar dalam menciptakan keamanan, ketertiban di negeri ini. Biarkanlah Polri itu tetap berada di bawah Presiden,” demikian Iwan Sumule.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA