Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

STIH IBLAM Dorong Pilkada 2024 Adil dan Beretika Lewat Pakta Integritas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 02 Agustus 2024, 20:11 WIB
STIH IBLAM Dorong Pilkada 2024 Adil dan Beretika Lewat Pakta Integritas
Penandatanganan Pakta Integritas oleh KPU, Bawaslu, dan DKPP yang diinisiasi oleh STIH IBLAM, di Jakarta, Jumat (2/8)/Istimewa
rmol news logo Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang berkeadilan dan beretika didorong Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM kepada tiga lembaga penyelenggara pemilihan umum.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan membuat Pakta Integritas bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (2/8).

Ketua Yayasan STIH IBLAM, Rahmat Dwi Putranto menyatakan, pihaknya berupaya menjaga iklim Pilkada Serentak 2024 yang adil dan beretika.

Karena itu, pihaknya membuat Pakta Integritas yang dirangkai dengan seminar nasional bertajuk "Menjaga Sinergitas Kampus dengan Penyelenggara Pemilu dalam Menciptakan Pilkada Serentak 2024 yang Berkeadilan dan Beretika". 

"Ini adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk membangun sinergitas yang kuat antara kampus dan penyelenggara Pilkada Serentak 2024," ujar Rahmat saat memberikan sambutan.

Menurutnya, IBLAM berharap KPU, Bawaslu, dan DKPP dapat bersinergi dengan berbagai pihak terutama dengan institusi pendidikan seperti IBLAM. 

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat menciptakan pemilu yang lebih transparan, adil, dan partisipatif. Mari bersama-sama mengawal demokrasi yang lebih baik untuk masa depan Indonesia," tuturnya. 

"Melalui seminar ini, IBLAM berperan sebagai rumah kolaborasi antar-stakeholder Pilkada Serentak 2024 dan menjadi inisiator gerakan membangun pilkada yang berkeadilan dan beretika," tambah Rakhmat.

Senada dengan itu, Ketua STIH IBLAM, Gunawan memandang, suksesi Pilkada Serentak 2024 harus melibatkan semua unsur masyarakat. Tak terkecuali kelompok akademik.

"Dalam rangka mendukung dan mensukseskan Pilkada Serentak, perlu adanya kerja sama yang sinergis antara KPU dengan perguruan tinggi yang memiliki program MBKM. Implementasinya ke depan terkait dengan rekrutmen KPPS dari kalangan mahasiswa yang dapat dikategorikan sebagai pelaksanaan program magang," paparnya.

Ditambahkan dosen Hukum Tata Negara (HTN) STIH IBLAM, Radian Syam, kampus memiliki peran penting dalam mensukseskan Pilkada 2024.

"Kampus adalah tempat untuk melakukan riset kepemiluan, strategi untuk mendorong pemilih, sosialisasi, dan melahirkan penyelenggara pemilu yang berkomitmen tinggi," ucap Direktur Kemahasiswaan dan Alumni STIH IBLAM itu.

Dalam acara itu turut hadir Ketua KPU Mochammad Afifuddin, Anggota Bawaslu Puadi, Anggota DKPP J. Kristiadi, serta Kepala Pusat Pengkaji Perkara dan Pengelolaan Perpustakaan Mahkamah Konstitusi (MK) Mohamad Faiz. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA