Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Maharani: Tujuan Utama IPPP untuk Perkuat Diplomasi Parlemen Negara-Negara Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 24 Juli 2024, 22:32 WIB
Puan Maharani: Tujuan Utama IPPP untuk Perkuat Diplomasi Parlemen Negara-Negara Pasifik
Ketua DPR RI Puan Maharani/RMOL
rmol news logo Sidang Indonesia-Pasific Parliamentary yang ke-2 selama tiga hari di Jakarta ini memiliki tujuan untuk memperkuat diplomasi parlemen dalam membangun kerja sama dengan negara-negara Pasifik.

Ketua DPR RI Puan Maharani menuturkan penguatan kerjasama ini dalam bidang-bidang maritim, ekonomi biru, konektivitas dan pencpaian SDGs (Sustainable Development Goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Tujuan lainnya adalah untuk menguatkan strategi pacific elevation yang secara sederhana kita maknai sebagai upaya Indonesia untuk secara berkelanjutan meningkatkan dan mengokohkan kehadiran Indonesia, melalui persahabatan dan kemitraan dengan negara-negara di Pasifik,” katanya kepada wartawan, Rabu (24/7).

Sidang ke-2 IPPP di Jakarta ini mengangkat tema ‘Partnership for Prosperity: Fostering Regional Connectivity and Inclusive Development’. Pada sidang-sidang IPPP esok hari, parlemen negara-negara pasifik akan membahas sejumlah isu global.

Beberapa isu yang diangkat pada Sidang ke-2 IPPP adalah terkait bagaimana menanggulangi perubahan iklim,  mempromosikan pembangunan berkelanjutan, serta dukungan terhadap ekonomi biru dan pariwisata berkelanjutan.

Kemudian parlemen negara-negara pasifik juga akan berdiskusi mengenai upaya memperkuat peran wanita dan pemuda serta persahabatan hingga kerjasama antar budaya. 

Pada acara ini pun juga akan digelar acara dialog parlementer bersama negara-negara dengan rumpun Melanesia yang tergabung pada organisasi Melanesian Spearhead Group (MSG).rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA