Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA KOTA YOGYAKARTA

Afnan Hadikusumo Unggul di Kalangan Pemilih Muda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 15 Juli 2024, 20:39 WIB
Afnan Hadikusumo Unggul di Kalangan Pemilih Muda
Peneliti LSP Indo Ilham Agung Satrio (Direktur Eksekutif), Rivandy Azhari Ali Harahap, Wahyudi Saputra, dan Rendi Harsono/Ist
rmol news logo Elektabilitas bakal calon Wali Kota Yogyakarta Afnan Hadikusumo mengungguli Heroe Poerwadi dan Singgih Raharjo, khususnya di kalangan pemilih muda.

Demikian rilis survei elektabilitas bakal calon Wali Kota Yogyakarta menuju Pilkada 2024 dari Lembaga Survei dan Penelitian Indonesia (LSP Indo) yang diterima redaksi, Senin (15/7).

Survei LSP Indo memotret elektabilitas 5 bakal calon Wali Kota Yogyakarta, yakni Singgih Raharjo, Afnan Hadikusumo, Heroe Poerwadi, Eko Suwanto dan Imam Priyono.

Peneliti LSP Indo Rendi Harsono mengatakan, survei dilaksanakan pada 12-20 April 2024 dengan 213 responden. Survei menggunakan metode multi-stage random sampling.

"Responden yang mengisi survei sebanyak 64,8 persen laki-laki dan 35,2 persen perempuan," kata Rendi.

Pada isu alasan memilih calon, responden memilih Singgih Raharjo karena terbukti merakyat.

Sementara alasan memilih Afnan Hadikusumo karena teruji, visioner, dan bersih dari korupsi. Sedangkan alasan memilih Heroe Purwadi karena berpengalaman, santun, dan mampu.

"Sedangkan Eko Suwanto karena tegas, cekatan dan disiplin. Juga Imam Priyono karena sudah teruji dan terbukti," kata Rendi.

Berdasarkan latar belakang usia responden Afnan Hadikusumo mengungguli bakal calon wali kota lainnya di kalangan anak muda (20-44 tahun), di kalangan dewasa (45-60 tahun) juga di kalangan lansia. Selanjutnya diikuti Singgih Raharjo dan Heroe Poerwadi.

Selanjutnya berdasarkan latar belakang pendidikan terakhir responden, yaitu dari diploma sampai S3 Afnan Hadikusumo 64,8 persen, Singgih Raharjo 20,4 persen, Heroe Poerwadi 9,9 persen. Kemudian Eko Suwanto 4,3 persen dan Imam Priyono 0,6 persen.

Isu keempat berdasar latar belakang ekonomi responden mayoritas memilih Afnan Hadikusumo, kedua Singgih Raharjo, ketiga Heroe Poerwadi, keempat Eko Suwanto dan kelima Imam Priyono.

Dengan demikian, berdasarkan hasil survei LSP Indo, Afnan Hadikusumo unggul sementara dengan raihan 60,6 persen, kemudian Singgih Raharjo 20,8 persen, Heroe Poerwadi 12,5 persen, sisanya Eko Suwanto 4,6 persen dan Imam Priyono 1,4 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA