Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jajaki Koalisi, Syahrul Munir Sambangi Golkar Gresik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 04 Juli 2024, 05:58 WIB
Jajaki Koalisi, Syahrul Munir Sambangi Golkar Gresik
DPD Golkar Gresik menerima kunjungan Bacabup Syahrur Munir/Istimewa
rmol news logo Bakal Calon Bupati (Bacabup) Gresik, Syahrul Munir, melakukan komunikasi politik dengan DPD Partai Golkar setempat. Hal ini sebagai upaya penjajakan untuk membentuk koalisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kedatangan kami ke Partai Golkar ini, untuk bersilaturahmi dan menjalin komunikasi politik awal dalam rangka menyampaikan niat pencalonan saya sebagai calon Bupati Gresik di Pilkada 2024," ujar Syahrur dikutip RMOLJatim, Rabu (3/7).

“Kami meminta saran dan masukan dari Partai Golkar, yang memiliki pengalaman memadai dalam mengelola pemerintahan dan tentunya hingga bisa berlanjut ke terbentuknya koalisi,” sambung anggota DPRD Fraksi PKB ini.

Syahrul menambahkan, komunikasi politik ini penting untuk memastikan dirinya mendapatkan dukungan dari partai yang bisa mendongkrak elektabilitasnya.

"Kekuatan dan eksistensi politik Partai Golkar di Gresik khususnya, tidak bisa dibantah. Karena itu, kami dapat masukan dari berbagai pihak agar menggandeng Golkar," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Gresik, Ahmad Nurhamim menyampaikan, pihaknya menerima Bacabup Syahrul Munir dengan tangan terbuka.

"Ada tahapan yang harus dilalui oleh Mas Syahrul, sebelum rekomendasi cabup-cawabup turun. Meski, DPD Partai Golkar Gresik tidak membuka pendaftaran penjaringan seperti halnya yang dilakukan sejumlah partai lain," jelas Nurhamim.

"Namun, kami ditugaskan oleh DPP untuk mengidentifikasi nama potensial yang layak untuk diberikan surat tugas sebagai fungsionaris Pilkada 2024. Kedatangan Mas Syahrul bersilaturahmi ini, tentu akan menjadi salah satu sosok yang bisa disampaikan ke DPP,” sambungnya.

Nurhamim menjelaskan, sejauh ini sudah ada dua orang Bacabup yang telah mendatangi kantor partai yang dipimpinnya. Yaitu Asluchul Alif (Gerindra) dan Syahrul Munir (PKB).

"Untuk memastikan siapa yang layak diusung, tentunya menunggu hasil survei tahap dua di bulan Juli ini yang akan dilakukan oleh DPP Golkar sebagai bahan menentukan rekomendasi nantinya. Termasuk untuk menentukan Bakal Calon Wakil Bupati, DPP Golkar memberikan arahan kepada kami, siapapun calon Bupatinya yang diusung Partai Golkar, wakilnya harus kader Golkar,” tegasnya.

Menurut Nurhamim, secara historis antara PKB dan Golkar sejak era reformasi memang belum pernah berkoalisi dalam Pilkada.

“Jika Mas Syahrul yang akhirnya diusung Partai Golkar, tentu bakal menjadi sejarah. Karena baru pertama kali Golkar dan PKB berkoalisi, untuk mengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati maju dalam kontestasi Pilkada,” tandasnya.

Syahrul Munir yang notabene kader DPC PKB Gresik itu telah mendeklarasikan diri sebagai Bacabup. Dia mengklaim telah mendapatkan dukungan sejumlah partai yang memiliki kursi parlemen di Gresik. Seperti PAN dan Nasdem. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA