Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggaran Pendidikan Turun, Nasdem Khawatir Cita-cita Indonesia Emas Berubah Cemas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 07 Juni 2024, 20:27 WIB
Anggaran Pendidikan Turun, Nasdem Khawatir Cita-cita Indonesia Emas Berubah Cemas
Ratih Megasari Singkarru/Ist
rmol news logo Penurunan anggaran pendidikan dalam pagu indikatif 2025 disorot Anggota Komisi X DPR RI, Ratih Megasari Singkarru. Dia khawatir  penurunan anggaran ini bisa merusak cita-cita Indonesia Emas 2045.

"Kami memiliki kekhawatiran dengan turunnya anggaran ini jangan sampai cita-cita Indonesia emas tergantikan dengan Indonesia cemas," kata Ratih lewat keterangan resminya, Jumat (7/6).

Adapun pagu anggaran pendidikan berjalan tahun 2024 mencapai Rp101,3 triliun. Sementara itu, pagu indikatif tahun 2025 hanya Rp83,19 triliun.

Legislator Nasdem Dapil Sulawesi Barat itu menilai penurunan kebutuhan anggaran yang dipaparkan Kemendikbudristek tidak masuk akal. Pasalnya, penurunan anggaran dinilai cukup signifikan.

"Boleh dikatakan turun hampir Rp15 triliun," tutur dia.

Ratih mempertanyakan apakah penurunan ini karena APBN berkurang keseluruhan atau memang alokasi dana pendidikan 20% dari APBN yang dikelola Kemendikbudristek semakin mengecil.

"Sedangkan saat ini betul kami memperjuangkan agar anggaran untuk Kemendikbudristek itu bisa dari 20%, bahkan setengahnya kita ingin itu nyemplung dan dikelola oleh Kemendikbudristek itu sendiri," tukasnya.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA