Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA SUMUT 2024

Survei Pilgubsu 2024: Bobby dan Teguh Ada di Top of Mind

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 05 Juni 2024, 14:41 WIB
Survei Pilgubsu 2024: Bobby dan Teguh Ada di <i>Top of Mind</i>
Kolase Bobby Nasution dan Teguh Santosa/Repro
rmol news logo Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terbaru tentang peta kekuatan calon-calon yang berpotensi diusung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2024.

Dalam survei yang dilakukan 20 sampai 31 Mei 2024 ini, LKPI mendapati top of mind beberapa nama bakal Cagub dengan tingkat keterpilihan tertinggi jika Pilgub dilakukan hari ini.

"Kami mendapati preferensi publik terhadap tokoh-tokoh yang masuk dalam radar metadata LKPI yang berpotensi maju di Pilkada Sumut 2024," kata Direktur Eksekutif LKPI, Togu Lubis dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/6).

Hasilnya, Walikota Medan, Bobby Nasution menjadi kandidat paling banyak dipilih responden dengan persentase mencapai 30,3 persen. Posisi kedua ada petahana, Edy Rahmayadi dengan 28,7 persen.

"Menyusul Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 18,7 persen, dan Musa Rajekshah dengan 10,7 persen. Sementara tokoh lain yang di bawah 2 persen totalnya ada 9,7 persen," jelasnya.

LKPI juga mengungkap survei top of mind terhadap bakal Calon Wakil Gubernur Sumut.

"Top of mind untuk bakal Cawagub Sumut ada mantan Wakil Rektor UBK, Teguh Santosa dengan 23,6 persen. Kedua ada politisi PDIP, Charles Bonar Sirait 16,2 persen," ujar Togu Lubis.

Menyusul di posisi ketiga ada Darma Wijaya dengan 14,6 persen. Keempat ada Azhari Tambunan 13,8 persen, dan posisi kelima ada Arief Sudarto Trinugroho dengan 9,6 persen.

Survei LKPI ini melibatkan 1.820 responden dari warga Sumut yang sudah memiliki hak pilih pada Pilkada 2024 dan tersebar di 33 Kabupaten/Kota.

Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling pada populasi daftar pemilih tetap Pemilu 2024. Adapun margin of error survei ini kurang lebih 2,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA