Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA JAMBI 2024

Survei ICRC: Gubernur Petahana Berpotensi Dikalahkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 05 Juni 2024, 10:08 WIB
Survei ICRC: Gubernur Petahana Berpotensi Dikalahkan
Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli/Ist
rmol news logo Peta politik jelang Pilgub Jambi mulai menghangat dengan kemunculan sejumlah nama potensial.

Bahkan terbaru, Lembaga Survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) merilis hasil risetnya terkait peta kekuatan para kandidat yang berpotensi maju di Pilkada Jambi 2024.

"Dalam pertanyaan terbuka atau spontan, pilihan Cagub adalah Al Haris (21,9 persen); Romi Hariyanto (12,0 persen); Cek Endra (11,4 persen); Mashuri (5,5 persen); Syarif Fasha (2,9 persen). Sementara sisanya menjawab tidak tahu," kata Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli, Rabu (5/6).

Berstatus sebagai petahana, tingkat keterpilihan Al Haris ini tergolong rendah. Apalagi jika merujuk tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Al Haris selama menjadi gubernur, di mana yang menilai puas ada 62,4 persen; tidak puas 28,1 persen; dan tidak tahu/tidak jawab 9,5 persen.

"Selama menjabat Al Haris memiliki tingkat kepuasan kinerja 62,4 persen. Ini di bawah angka ideal 75 persen," sambung Hadi.

Sementara dalam pertanyaan tertutup terkait sosok gubernur yang dipilih, hasilnya responden yang memilih Al Haris ada 36,8 persen dan memilih Romi 27,6 persen. Sisanya sebanyak 35,6 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

"Responden yang menjawab tidak tahu sangat tinggi, sehingga Romi berpotensi menyalip keunggulan Al Haris karena Pilkada Gubernur Jambi masih sangat dinamis mengingat pelaksanaan Pilkada November 2024," ujar Hadi.

ICRC adalah Lembaga Survei Nasional yang terdaftar di asosiasi perkumpulan resmi PERSEPSI dan terdaftar di KPU RI.

Adapun survei ini dilaksanakan di wilayah Provinsi Jambi, meliputi 11 Kabupaten/Kota pada 1 sampai 7 Mei 2024 dengan jumlah responden 800 orang berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Metode yang digunakan dalam penarikan sampel adalah multistage random sampling. Margin of error sebesar kurang lebih 3,46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA