Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa Figur Kompetitif, PKB Bakal Sulit Lawan Khofifah di Pilkada Jatim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 23 Mei 2024, 20:06 WIB
Tanpa Figur Kompetitif, PKB Bakal Sulit Lawan Khofifah di Pilkada Jatim
Khofifah Indar Parawansa/RMOL
rmol news logo Sebagai pemenang Pileg di Jawa Timur, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mempunyai peluang yang besar untuk mengusung kader terbaiknya untuk maju Pilkada.

Partai besutan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin itu pun akan membentuk poros baru untuk menyaingi bakal pasangan Cagub dan Cawagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

"Artinya secara mesin dan struktur politik sebenernya PKB bisa diharapkan dalam Pilkada ini," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (23/5).

Analis politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu melanjutkan, meski memenangkan Pileg bukan jaminan PKB juga bakal meraih kesuksesan di Pilkada.

Sebab dalam Pilkada, pemilih umumnya tidak lagi melihat partai. Tetapi sejauh mana figur yang diusung itu memiliki daya jangkau politik ke bawah.

Dengan bekal 27 kursi DPRD Jatim, poros baru yang dibentuk PKB ini akan mendorong KH Marzuki Mustamar dan Arzeti Bilbina untuk melawan Khofifah-Emil Dardak.

"Per hari ini, figur yang kelihatan kompetitif dari PKB untuk menjadi penantang Khofifah belum kelihatan," tandas Adi Prayitno.rmol news logo article


EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA