Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi X Baru Tahu, Kenaikan UKT Bukan Hanya Dialami Mahasiswa PTN-BH

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 18 Mei 2024, 19:47 WIB
Komisi X Baru Tahu, Kenaikan UKT Bukan Hanya Dialami Mahasiswa PTN-BH
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih/Net
rmol news logo Kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) ternyata tidak hanya dialami mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Pasalnya, Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Usaha (PTN BLU) juga mengalami hal yang sama.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih dalam diskusi Polemik bertajuk “Nanti Kita Cerita Tentang UKT Hari Ini” yang disiarkan melalui kanal YouTube Trijaya FM, dikutip Sabtu (18/5).  

"Semula kan karena ini (UKT naik) asumsinya karena menjadi PTN BH, ternyata yang datang teman-teman adik-adik mahasiswa ini tidak hanya PTN BH, yang belum PTN BH pun UKT-nya naik," ungkap Abdul Fikri.

Abdul Fikri menuturkan, saat dia bertemu dengan mahasiswa beberapa waktu lalu, ia mengaku kaget dengan jumlah kenaikan UKT yang signifikan karena mencapai tiga kali lipat.

"Naiknya dari Rp2,5 juta menjadi Rp10 juta, dari Rp4 juta menjadi Rp14 juta, 3 kali lipat dan sebagainya," ungkap Politikus PKS ini.

Atas dasar itu, Abdul Fikri menegaskan bahwa dia akan segera memanggil pihak Kemendikbud Ristek untuk menjelaskan bagaimana teknis implementasi dari Permendikristek Nomor 2/2024.

"Karena menurut Permendikbud 2/2024 itu kan harus berkonsultasi dan bahkan dapat persetujuan itu dari Kemendikbud Ristek, jangan-jangan standar yang sudah ditentukan tidak dipenuhi," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA