Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilgub Jakarta Diprediksi Masih Punya Magis Kontestasi Kelas Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 18 Mei 2024, 13:40 WIB
Pilgub Jakarta Diprediksi Masih Punya Magis Kontestasi Kelas Nasional
Ilustrasi Pemilu/RMOLNetwork
rmol news logo Pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 diperkirakan masih "seksi" meski ibukota negara akan dipindah ke Kalimantan Timur.

Bahkan menurut Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos, Pilkada Jakarta akan terasa seperti kontestasi tingkat nasional jika calon-calon yang dimajukan punya elektabilitas tinggi.

Subiran memperhatikan, partai-partai politik sampai saat ini memang masih belum membuka nama Calon Gubernur DKI Jakarta. Tetapi, di kalangan aktivis politik muncul nama-nama tenar yang juga dikenal warga ibu kota.

"Dari sekian banyak nama yang dijagokan maju Pilkada Jakarta, hanya ada 5 nama yang sudah berpengalaman dalam Pilgub atau pernah menjadi gubernur dan atau wakil gubernur," ujar Subiran kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (18/5).

Dia menyebutkan, lima nama yang beredar di masyarakat dan mulai diukur popularitas hingga elektabilitasnya oleh lembaga survei antara lain Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta dan juga Wakil Gubernur DKI Jakarta di era Jokowi.

"Kemudian, ada Anies Baswedan eks Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil Eks Gubernur Jawa Barat, Emil Dardak Eks Wakil Gubernur Jawa Timur, dan Ahmad Reza Patria eks wakil Gubernur Jakarta," sambung lulusan S2 Ilmu Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu mengurai.

Tetapi dari lima nama tersebut, sosok yang kerap disapa Biran itu meyakini hanya akan ada 3 nama yang bakal membuat Pilgub DKI Jakarta terasa seperti kontes di tingkat nasional.

"Jika skenario politik ini terjadi maka pertarungan ulang Pilpres di Pilkada Jakarta akan kembali terjadi yakni Ridwan Kamil vs Anies Baswedan vs Ahok," tuturnya.

Lebih lanjut, Penulis buku berjudul "Negara Katanya" itu menduga peta koalisi partai politik di Pilgub DKI Jakarta juga tidak jauh berbeda dengan Pilpres 2024 kemarin, apabila sosok cagub yang dimajukan adalah 3 nama itu.

"Jika skema pilpres terjadi di Pilkada Jakarta, maka potensinya adalah Koalisi Prabowo-Gibran yaitu Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PSI mengusung Ridwan Kamil. Koalisi Perubahan yaitu PKS, Nasdem, PKB mengusung Anies Baswedan. Dan Koalisi Ganjar-Mahfud yaitu PDIP mengusung Ahok," tutup Biran. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA