Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fraksi Nasdem Sulbar Usul 2 Nama Kandidat Pj Gubernur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 25 April 2024, 04:37 WIB
Fraksi Nasdem Sulbar Usul 2 Nama Kandidat Pj Gubernur
Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulbar Muhammad Jayadi (kanan)/Ist
rmol news logo Fraksi Nasdem DPRD Sulawesi Barat (Sulbar) mengusulkan dua nama sebagai kandidat Penjabat (Pj) Gubernur. Mereka adalah Pj Gubernur Sulbar saat ini, Prof. Zudan Arif Fakrulloh dan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi.

Fraksi Nasdem DPRD Sulbar telah memberikan surat usulan kepada ketua DPRD Sulbar, Siti Suraidah Suhardi di kantor DPRD Sulbar, Jl H Abd Malik Pettanna Endeng, Rangas, Mamuju beberapa waktu lalu.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulbar Muhammad Jayadi mengatakan Prof Zudan sebagai Pj Gubernur Sulbar akan berakhir pada 12 Mei 2024 mendatang namun sangat layak untuk diperpanjang.

"Fraksi Nasdem berpendapat ada dissenting opinion, artinya ada dinamika dalam proses pengambilan keputusan yang menyepakati 3 (tiga) nama mayoritas yakni Jodi Mahardi, B.S.c.MILA, Drs. Jufri Rahman, M.Si, dan Dr. H. Yusharto Huntoyungo, M.Pd,. Ketiga nama tersebut dalam daftar rekomendasi Ketua DPRD Prov. Sulbar. Dimana Prof. Zudan tidak masuk dalam rekomendasi ketua DPRD Sulbar," ujar Jayadi dalam keterangannya yang diterima redaksi, Rabu malam (24/4).

Jayadi menambahkan bahwa pimpinan DPRD Sulbar telah meminta Fraksi Nasdem mengusulkan tiga nama, namun partainya hanya mengusulkan dua nama.

“Fraksi Nasdem sepakat dengan keputusan mayoritas rapat pimpinan diperluas. Tetapi, Fraksi Nasdem tetap meminta kepada Presiden dan Mendagri agar menjadi pertimbangan sesuai rekomendasi fraksi, walaupun Prof. Zudan berada pada posisi nomor 4 perolehan suara,” jelasnya.

"Itulah dasarnya, Prof. Zudan tetap masuk rekomendasi Fraksi Nasdem. Namun pimpinan DPRD mengirim nama-nama ke Mendagri hanya 3 nama, sementara Prof. Zudan tidak masuk. Namun, tetap kita diperjuangkan," tegas Jayadi.

Prof Zudan direkom oleh 3 Fraksi DPRD Sulbar yakni Nasdem, PDIP, dan PIM (Persatuan Indonesia Membangun).

“Atas dasar itu kami datang ke Jakarta. Kehadiran Fraksi Nasdem di kantor Kemendagri untuk menjelaskan usulan tersebut," beber dia.

Kesimpulan atas pertemuan tersebut, Partai Nasdem tetap pada keputusan awal mengusung Prof Zudan dan meminta perhatian Presiden sehingga bisa diperpanjang masa jabatan Pj. Gubernur Sulbar.

Masih kata Jayadi, Fraksi Nasdem punya alasan tersendiri mengapa masih mengusulkan Prof Zudan sebagai PJ Gubernur Sulbar.

"Fraksi Partai NasDem melihat Prof Zudan memiliki semangat dan kepemimpinan memajukan Sulbar dan itu sudah dibuktikan dengan kinerja selama ini mampu menurunkan angka stunting di provinsi demikian juga dengan mampu menekan angka inflasi sehingga pertumbuhan ekonomi Sulbar sedikit melaju, termasuk beliau memiliki integritas yang baik," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA