Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jupiter: PPN 12 Persen Makin Memukul Daya Beli Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 23 Maret 2024, 04:06 WIB
Jupiter: PPN 12 Persen Makin Memukul Daya Beli Masyarakat
Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter/Ist
rmol news logo Rencana pemerintah pusat menaikan pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12 persen pada 2025 sangat memberatkan rakyat.

“Kebijakan ini akan semakin memukul daya beli masyarakat,”  kata Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter dikutip Sabtu (23/3).

Politikus Partai Nasdem itu mengatakan, pemerintah berdalih bahwa kenaikan PPN untuk mendongkrak penerimaan negara dan menambal defisit anggaran. Namun, terdapat kekhawatiran terjadi efek domino pada ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Jupiter menelusuri lebih dalam dampak domino yang berpotensi muncul akibat kenaikan PPN 12 persen. Pertama, terjadinya lonjakan harga barang dan jasa.

“Kenaikan PPN 12 persen bagaikan bola salju yang menggelinding. Kenaikan ini diprediksi akan berdampak pada lonjakan harga barang dan jasa,” kata Jupiter.

Meski kenaikan PPN hanya satu persen, lanjut Jupiter, secara langsung akan meningkatkan harga barang dan jasa yang dikenakan PPN.

Hal ini karena PPN dihitung dari harga jual barang dan jasa. Sehingga kenaikan tarif PPN akan menambah beban biaya yang ditanggung konsumen. rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA