Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gara-gara PPP Tersingkir, Kursi DPR Illiza Digantikan Ghufran ZA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 22 Maret 2024, 03:29 WIB
Gara-gara PPP Tersingkir, Kursi DPR Illiza Digantikan Ghufran ZA
Ghufran Zainal Abidin jadi anggota DPR RI menggantikan Illiza Sa'aduddin Djamal/Istimewa
rmol news logo Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh I, Ghufran Zainal Abidin, mendapat berkah dari kegagalan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mencapai ambang batas parlemen 4 persen. Politikus PKS itu pun melaju ke Senayan menggantikan caleg PPP, Illiza Sa'aduddin Djamal, yang terdampak dari tidak lolosnya PPP pada Pemilu 2024.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang dilihat Kantor Berita RMOLAceh pada Kamis (21/3), PPP mendapatkan 5.878.777 suara dari total 84 daerah pemilihan. Dibandingkan dengan jumlah suara sah Pileg DPR RI 2024 yang mencapai 151.796.630 suara, maka aPPP hanya meraup 3,87 persen suara.

PPP sebelumnya meraih kursi kelima DPR RI di Dapil Aceh I dengan caleg terpilih Illiza Sa'aduddin Djamal. Di mana, PPP berhasil meraih 137.835 suara dan Illiza meraup 111.389 suara.

Sementara PKS menempati posisi kedelapan perolehan suara dengan meraih 119.581, dan Ghufran Zainal Abidin mendapatkan 46.713 suara.

PPP merupakan satu-satunya partai petahana yang batal masuk parlemen pada Pemilu 2024. Akibatnya, caleg terpilih DPR RI Dapil Aceh I Illiza Sa'aduddin Djamal tak bisa melaju ke Senayan.

Ghufran merupakan Kapten Tim Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) Aceh. Pada Pilpres 2024, Ghufran sukses membawa kemenangan bagi pasangan nomor urut 1 di Provinsi Aceh.

Masuknya Ghufron mengisi kursi PPP di Dapil Aceh I, membuat PKS mengamankan 2 kursi DPR pada Pemilu 2024. Kursi lainnya didapatkan oleh petahana M Nasir Djamil dari dapil Aceh II. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA