Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PPP Khawatir Nasib IKN Melempem seperti Batam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 18 Maret 2024, 13:52 WIB
PPP Khawatir Nasib IKN Melempem seperti Batam
Komisi II rapat kerja bersama Otorita IKN di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/3)/RMOL
rmol news logo Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berharap nasib Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak seperti Batam di Kepulauan Riau, yang kurang berkembang.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi II Fraksi PPP DPR RI Syamsurijal ketika rapat kerja bersama dengan Otorita IKN di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (18/3).

Syamsurijal mengurai, Kota Sensen di China, dibangun bersamaan dengan Kota Batam. Kala itu Batam diharapkan menjadi kota sukses seperti Sensen saat ini.

"Kalau Sensen melesat, Batamnya meleset. Apa yang diinginkan Batam waktu itu sama sekali tidak terwujudkan," kata Syamsurijal.

Untuk itu Syamsurijal meminta Otorita IKN belajar banyak dari pengalaman membangun Sensen agar tidak mubazir seperti Batam saat ini.

"Coba pelajari dalam konteks membangun IKN ini kegagalan Batam," kata Syamsurijal.

Menurutnya, Batam kurang berhasil lantaran Singapura sebagai negara terdekat dari Batam tidak rela tetangganya lebih maju.

"Singapura menganggap Batam sebagai lawannya, saingan untuk Singapura. Makanya, Singapura tidak lepaskan itu secara ikhlas untuk Batam secara maju ketika itu," demikian Syamsurijal.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA