Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Targetkan Rekapitulasi Nasional untuk 5 Provinsi Selesai Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 18 Maret 2024, 01:56 WIB
KPU Targetkan Rekapitulasi Nasional untuk 5 Provinsi Selesai Hari Ini
Anggota KPU RI, August Mellaz/RMOL
rmol news logo Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional untuk 5 provinsi tersisa ditargetkan selesai pada hari ini, Senin (18/3).

Lima provinsi yang belum direkap di tingkat nasional itu adalah Jawa Barat, Papua, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, dan Maluku. Semua data dan komisioner KPU daerah dipastikan hari ini sudah berada di Jakarta.

"Maluku justru sebenarnya sebagian komisionernya sudah ada di Jakarta karena pada saat yang bersamaan tadi siang kami juga melakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk sepuluh orang calon anggota KPU Provinsi Maluku," ujar Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz, di Gedung KPU RI, Jakarta, Minggu (17/3).

"Rencananya Jabar, (direkap) Senin tanggal 18 Maret pagi hari," imbuhnya.

Dipaparkan Mellaz, KPU Papua Barat Daya akan berada di Jakarta pada pukul 12.00 WIB, sedangkan Papua dan Papua Pegunungan akan tiba di Jakarta pada pukul 19.00 WIB.

"Kemudian Maluku, secara prinsip Senin 18 Maret, sebagian teman-teman posisinya akan ada di Jakarta jam 20.00," tuturnya.

Oleh sebab itu, dirinya optimistis KPU RI akan menyelesaikan rekapitulasi sebelum tenggat pada 20 Maret 2024.

"Jadi, kalau kami lihat perkembangannya sebagaimana update-update yang selalu juga kami lakukan, tentu kami optimistis bahwa tenggat waktu 20 Maret tahun 2024 tentang penetapan hasil pemilu secara nasional akan bisa kita penuhi," tandasnya.

Berdasarkan rekapitulasi nasional per Sabtu (9/3) hingga Minggu (17/3) pukul 18.00 WIB, KPU RI telah mengesahkan perolehan suara Pilpres di 32 provinsi di tingkat nasional. Yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Kepulauan Riau.

Selanjutnya, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Riau, Papua Barat, Sulawesi Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Papua Selatan, Jambi, Maluku Utara, Sumatera Utara, dan Sulawesi Tengah.

Pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran, meraih 76.250.286 suara di 32 provinsi tersebut. Selanjutnya, Anies-Muhaimin mendapatkan 30.989.627 suara, serta Ganjar-Mahfud meraih 23.126.255 suara.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA