Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wihaji Dinilai Layak Gantikan Ganjar Pranowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Minggu, 17 Maret 2024, 16:27 WIB
Wihaji Dinilai Layak Gantikan Ganjar Pranowo
Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng, Wihaji/RMOLJateng
rmol news logo Sejumlah nama mulai disebut dan dinilai layak menggantikan Ganjar Pranowo sebagai gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024.

Salah satunya, Wihaji, juga Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng. Dia dinilai layak menggantikan Ganjar Pranowo.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Tengah, M Iqbal Wibisono, Seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (17/3), menyebut Wihaji pantas maju, baik sebagai calon gubernur atau wakil gubernur, karena rekam jejaknya sebagai Bupati Batang positif.

Di bawah kepemimpinannya, Batang menjadi daerah kondusif. Yang menonjol, Wihaji ikut berperan pada keberadaan Kawasan Industri Batang.

"Saya pikir Wihaji pantas naik level sebagai calon gubernur atau wakil gubernur Jateng," jelas Iqbal.

Menurut dia, ada tiga kunci agar Jateng menjadi lebih baik, yakni harus dipimpin figur yang mampu menyehatkan masyarakat, mampu meningkatkan pendidikan masyarakat, dan mampu menaikkan pendapatan masyarakat.

Pernyataan Iqbal diamini Dekan FISIP Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Dr Agus Riyanto, yang menyebut Wihaji memiliki modal dasar yang kuat untuk maju di kontestasi Pilkada Jateng.

"Dia memiliki modal sosial kuat, karena secara kultural memiliki kedekatan dengan kalangan Nahdliyin, salah satu basis massa terbesar di Jateng. Modal itu bisa menjadi salah satu amunisi politik efektif bagi jika mencalonkan diri sebagai calon gubernur atau wakil gubernur Jateng," katanya.

Agus juga mengatakan, pasca Ganjar Pranowo, Jateng membutuhkan sosok pemimpin yang tidak hanya populis, tetapi juga harus memiliki kapabilitas dan pengalaman memimpin pemerintahan, dan itu ada pada sosok Wihaji.

Dia mengingatkan, ada beberapa persoalan penting yang harus ditangani dan menjadi pekerjaan rumah gubernur dan wakil gubernur Jateng mendatang.

Di antaranya masalah kemiskinan, infrastruktur jalan, dan banjir rob, sehingga dibutuhkan pemimpin yang benar-benar menguasai peta Jateng secara komprehensif, dan memahami karakter dan aspirasi masyarakat.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA