Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKB akan Usung Kader Internal di Pilgub Jatim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 17 Maret 2024, 10:37 WIB
PKB akan Usung Kader Internal di Pilgub Jatim
Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah/Ist
rmol news logo DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur mengutamakan kader internal untuk diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Demikian disampaikan Sekertaris DPW PKB Jawa Timur Anik Maslachah di kantor DPW PKB Jawa Timur, Sabtu (16/3).

“Kita utamakan kader, berdasarkan hasil kualitatif pemilu maupun kuantitatif Pemilu 2024,” kata Anik dikutip dari Kantor Berita RMOLJatim.

Seperti diketahui, PKB Jatim sukses merebut 27 kursi di DPRD Jatim dalam Pemilu 2024.

Anik berharap, kandidat yang diusung PKB Jatim dalam Pilkada serentak 2024 mendatang bisa meraih kemenangan.

"Kita akan menuju kemenangan di Pilkada serentak di Jatim. Dari 38 kota/kabupaten PKB hasil pileg ini akan memiliki unsur pimpinan di 36 kota/kabupaten di Jatim," ujar  Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut.

Selain itu, kata Anik, dalam hasil pemilu ini ada sekitar 13 sampai 15 kabupaten, PKB memiliki kursi untuk bisa maju sendiri di pilkada tanpa koalisi dengan partai lain.

"Kita juga bisa maju sendiri tanpa koalisi, karena memenuhi persayaratan untuk mencalonkan yakni 20 persen kursi di DPRD. Seperti Sidoarjo, Gresik, Jombang, Bojonegoro, Lamongan, Situbondo," kata Anik.

"Ada juga di Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Pasuruan, Lumajang, Trenggalek dan Tuban," lanjutnya.

PKB, kata Anik, dalam waktu dekat juga akan membentuk desk pilkada yang nantinya bertugas memproses bakal calon kepala daerah yang akan diusulkan ke DPP PKB.

"Mereka akan melakukan penjaringan terkait siapa sosok yang pas dan sesuai dengan kriteria PKB, yang nantinya akan diusulkan ke DPP PKB," kata Anik.

Seperti diketahui dalam Pemilu 2024 ini PKB berhasil memang di Jatim. PKB di DPRD Jatim periode 2024-2029 akan mendapatakan 27 kursi dari 120 kursi yang ada.

Sedangkan untuk tingkat kota/kabupaten di Jatim, PKB dipastikan akan mendapatkan jatah pimpinan DPRD di 36 kota/kabupaten.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA