Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Prancis Puan Pamerkan Capaian Pemilu di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 08 Maret 2024, 13:55 WIB
Di Prancis Puan Pamerkan Capaian Pemilu di Indonesia
Ketua DPR RI Puan Maharani singgung Pemilu Indonesia di acara Women Speakers' Summit 2024 di Prancis/Istimewa
rmol news logo Acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen Perempuan Dunia atau Women Speakers' Summit 2024 yang diselenggarakan di Prancis dimanfaatkan Ketua DPR RI Puan Maharani untuk menyampaikan capaian pada pemilihan umum di Indonesia yang belum lama ini dilaksanakan.

Di hadapan anggota Parlemen Perempuan Dunia, Puan menyebut ada peningkatan jumlah calon anggota legislatif (caleg) perempuan dalam pemilu di Indonesia tahun ini.

“Pada 14 Februari 2024 lalu, Indonesia telah melaksanakan pemilihan umum legislatif. Jumlah calon anggota legislatif perempuan secara nasional mencapai 37 persen dari keseluruhan calon yang berasal dari 18 partai politik,” papar Puan di Prancis, Jumat (8/3).

Tak hanya itu, Puan juga menyampaikan proporsi keikutsertaan masyarakat yang menunjukkan peningkatan signifikan dari pemilihan umum sebelumnya atau Pemilu 2019.

"Indonesia juga tengah menjalankan roadmap nasional untuk mencapai kesetaraan gender 2020-2024,” imbuhnya.

Kemudian, pada sesi diskusi kedua yang bertemakan "Kesetaraan Gender, Paritas dan Pemberdayaan dalam Politik, Teladan Perempuan", Puan menyinggung soal pemilu yang digelar di banyak negara pada tahun ini.

“Tahun 2024 merupakan tahun demokrasi, di mana lebih dari 70 negara melaksanakan pemilihan umum. Sekitar 50 persen penduduk dunia menggunakan hak pilihnya untuk memilih para pejabat publik,” demikian Puan Maharani. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA