Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penghitungan Suara Pemilu Belum Tuntas, Sejumlah Nama Sudah Digadang-gadang Jadi Bacalon Bupati Tapsel 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 03 Maret 2024, 05:56 WIB
Penghitungan Suara Pemilu Belum Tuntas, Sejumlah Nama Sudah Digadang-gadang Jadi Bacalon Bupati Tapsel 2024
Kantor Bupati Tapanuli Selatan/Net
rmol news logo Di tengah penghitungan hasil Pemilu 2024 yang sedang berproses, sejumlah nama disebut-sebut masuk dalam bursa bakal calon Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Nama-nama ini muncul mulai dari diskusi di berbagai tempat hingga obrolan di warung-warung kopi.

Di antaranya tentu saja pasangan petahana Bupati dan Wakil Bupati Tapsel, yakni Dolly Pasaribu dan Rasyid Assaf Dongoran. Hanya saja, banyak pihak meyakini mereka tidak akan menjadi pasangan lagi dalam Pilkada 2024 nantu.

Nama bakal calon lainnya yang disebut-sebut muncul dari lembaga legislatif DPRD Tapsel. Mereka adalah Abdul Basyid Dalimunthe (Ketua DPRD Tapsel), Rahmat Nasution (Wakil Ketua DPRD/Ketua Partai Golkar), Borkat (Wakil Ketua DPRD/Ketua PAN), Mukmin Saleh Siregar (Anggota DPRD Tapsel/Partai Nasdem), Muhammad Rawi Ritonga (Anggota DPRD Tapsel/Partai Golkar).

Dari kalangan lainnya yang santer disebut akan menjadi bacalon Bupati Tapsel mendatang adalah Aditya Rizky Pasaribu (anak mantan Bupati Tapsel, Syahrul Pasaribu), Ja'far Syahbuddin Ritonga (pengusaha/pengasuh pondok pesantren), Muhammad Iqbal Harahap (pengusaha), Yuriandi Siregar (pengusaha), dan Robby Agusman Harahap (pengusaha/Ketua Partai Nasdem Padangsidimpuan).

Mengomentari hal tersebut, pengamat sosial politik, Dr Arifin Saleh Siregar menyatakan, munculnya sejumlah nama adalah hal yang wajar dalam perhelatan proses Pilkada di sebuah daerah.

“Kenapa nama-nama itu yang muncul, tentu saja selain sudah mulai dikenal juga sudah mendapat tempat di hati dan pikiran beberapa anggota masyarakat,” ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLSumut, Sabtu (2/3).

Lebih lanjut, Dekan FISIP UMSU ini menyampaikan, dalam politik pilkada, termasuk Pilkada Tapsel 2024, setahun atau beberapa bulan sebelum tahap pendaftaran, nama-nama yang diyakini bakal maju menjadi calon Bupati Tapsel pasti sudah beredar.

“Hanya saja, banyaknya nama bakal calon yang disebut-sebut, bisa jadi karena adanya anggapan bahwa tidak ada calon bupati yang kuat atau setiap calon diyakini akan bisa memenangkan Pilkada Tapsel 2024,” tutur Arifin.

Adapun pencoblosan Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan 27 November 2024. Sementara pendaftaran pasangan calon 27-29 Agustus 2024, lalu penetapan pasangan calon 22 September 2024. Dan pelaksanaan kampanye pada 25 September sampai 23 November 2024. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA