Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerindra Ungguli PKS di Bogor Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 03 Maret 2024, 01:57 WIB
Gerindra Ungguli PKS di Bogor Selatan
Rekapitulasi suara pemilu di Bogor Selatan/RMOLJabar
rmol news logo Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, akhirnya selesai dilakukan.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita RMOLJabar pada pada Jumat malam (1/3) pukul 23.55 WIB, proses pencermatan dan finalisasi rekapitulasi suara yang berlangsung di gedung Yayasan Setia Bakti, Cipaku, berjalan lancar dan diawasi penuh oleh Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) setempat.

Terlihat, petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bogor Selatan tengah membacakan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Bogor di masing-masing kelurahan yang ada di Bogor Selatan.

Pembacaan hasil rekapitulasi suara yang dibacakan PPK itu disaksikan langsung oleh Anggota KPU Kota Bogor, Ketua Panwascam, Kapolsek Bogor Selatan, hingga para saksi dari masing-masing partai politik juga saksi dari calon legislatif.

Ketua PPK Bogor Selatan, Oji Apandi menuturkan, rapat terbuka rekapitulasi suara pemilu di tingkat kecamatan ini berlangsung sejak 17 Februari 2024. Kemudian dilanjutkan ke tingkat KPU Kota Bogor yang rencananya dilaksanakan pada hari ini, Minggu (3/3).

"Jadi proses rekapitulasi ini kita laksanakan selama 14 hari yang dimulai pada 17 Februari sampai hari ini, jadi malam ini kita selesaikan. Karena model D Hasil rekapitulasi tingkat kecamatan selesai semua maka akan kita dorong ke KPU Kota Bogor," kata Oji Apandi, diwartakan Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (2/3).

Oji pun menceritakan suka duka ketika proses rekapitulasi dilakukan. Pada hari pertama rekapitulasi sempat terjadi kendala pada sistem informasi rekapitulasi (Sirekap), sehingga pelaksanaan terpaksa dihentikan sementara dan dilanjutkan keesokan harinya.

"Waktu itu kita baru melakukan rekapitulasi dua TPS. Namun saat proses rekapitulasi berlangsung, kami mendapat kabar terkait kendala Sirekap. Jadi berdasarkan kesepakatan bersama, kita hentikan dulu untuk sementara," ujarnya.

Kemudian, rekapitulasi pun kembali dilakukan dengan target satu hari satu kelurahan, dan pelaksanaannya dilakukan sampai malam hari. Ia juga mengaku tugas yang diembannya cukup melelahkan, tetapi rasa lelah itu bisa dilewati olehnya demi terlaksananya proses rekapitulasi pemilu yang aman dan lancar.

"Di Bogor Selatan ini ada 16 kelurahan, dan jumlah TPS ada 549 titik. Kami setiap hari menargetkan satu kelurahan, dan alhamdulillah hari ini memasuki proses pencermatan dan finalisasi rekapitulasi suara, yang hasilnya akan kita serahkan ke KPU Kota Bogor," tuturnya.

Saat ditanya partai politik mana yang mendapat suara terbanyak di dapil Bogor Selatan, Oji menjelaskan, berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh timnya, tercatat Partai Gerindra memperoleh suara terbanyak, yaitu mencapai lebih dari 20 ribu suara. Lalu di peringkat kedua PKS, dan diikuti Partai Golkar.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar dan proses rekapitulasi suara Pemilu bisa kita selesaikan sampai tuntas," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA