Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Bupati Tangerang: Anggaran Makan Siang Gratis Bisa dari Dana BOS Afirmasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 29 Februari 2024, 19:30 WIB
Mantan Bupati Tangerang: Anggaran Makan Siang Gratis Bisa dari Dana BOS Afirmasi
Mantan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat mendampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/RMOL
rmol news logo Program makan siang gratis dinilai penting bagi siswa sekolah untuk menyambut Indonesia Emas tahun 2045.

Hal tersebut disampaikan mantan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat mendampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat mengunjungi SMPN 2 Curug di Jalan Diklat Pemda Curug, Kabupaten Tangerang, Kamis (29/2).

"Indonesia Emas tahun 2045 hanya dapat dicapai melalui generasi yang sehat jasmani, cerdas, dan secara intelektual. Kesehatan, kecerdasan akan terbentuk kalau mereka (anak) mendapatkan nutrisi seimbang dan pola kehidupan yang sehat," kata Zaki.

Untuk itu, perlu peran serta sekolah, pemerintah, dan juga pegiat UMKM dalam menyediakan makan siang gratis dan bergizi bagi para siswa.

Terkait pembiayaan, Zaki yang hadir sebagai Tenaga Ahli Menko Airlangga mengatakan, dana makan siang gratis dapat disalurkan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) spesifik dengan rekening yang berbeda.

"Kami mengusulkan melalui BOS spesifik atau BOS afirmatif khusus penyediaan makan siang bagi siswa. Bisa dengan rekening terpisah untuk setiap sekolah," lanjut Zaki.

Dengan adanya pemisahan itu, pemerintah dapat memantau apakah program makan siang gratis dapat berjalan dengan baik atau sebaliknya.

"Nanti tahap evaluasi pemantauan dan pembeda anggaranya juga jelas dan lebih tertib," kata Zaki.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA