Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahri Hamzah: Oposisi juga Bantu Kinerja Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 28 Februari 2024, 09:50 WIB
Fahri Hamzah: Oposisi juga Bantu Kinerja Pemerintah
Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah/Ist
rmol news logo Oposisi yang kuat akan membantu kinerja pemerintah karena dibutuhkan masukan yang berbeda dengan koalisi penguasa.

Karenanya, negara harus memelihara kebebasan dan menjamin kemerdekaan setiap penduduk untuk menyatakan pendapat, baik secara lisan maupun tulisan.

“Saya kira itu bagus sekali. Jadi menurut saya, tidak ada masalah soal hadirnya kekuatan oposisi dalam sebuah negara,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah dalam keterangannya, Rabu (28/2).

Menurut Fahri, hasil pemilihan umum (pemilu) baik Pilpres dan Pileg 2024 memang menentukan konfigurasi kekuatan politik antara koalisi pemerintah maupun oposisi pemerintah.  

Namun, kata Fahri, baik oposisi maupun koalisi sudah ada dalam sistem negara Indonesia, dan tidak ada yang baru dalam hal itu. Secara teori maupun praktek partai politik (parpol) bukan hanya cukup terhormat, tetapi menjadi oposisi juga potensial.

"Kenapa? Karena posisinya sebagai oposisi yang kritis, maka dukungan dari masyarakat juga cukup kuat, dan itu pernah terjadi," kata mantan Wakil Ketua DPR RI ini.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA