Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa SYL, Suara Nasdem Justru Berkibar di Sulsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 26 Februari 2024, 16:20 WIB
Tanpa SYL, Suara Nasdem Justru Berkibar di Sulsel
Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo/Net
rmol news logo Mantan Menteri Pertanian sekaligus kader Nasdem, Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak Oktober 2023 lalu.

SYL ditetapkan sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan sumber penerimaan uang sekitar Rp13,9 miliar, yakni berasal dari Biro Umum Sekjen sebesar Rp6,8 miliar, Badan Karantina Pertanian sebesar Rp5,7 miliar, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan sebesar Rp1,4 miliar.

SYL yang putra asli Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil mengantarkan sukses Partai Nasdem di Sulsel pada Pileg 2019. Walaupun saat itu masih di bawah Golkar, namun partai besutan Surya Paloh itu turut memperoleh suara signifikan di Sulsel.

Namun pada perolehan suara sementara Pileg 2024, Nasdem justru meraih suara teratas di Sulsel menggeser Golkar. Provinsi yang beribukota di Makassar ini memiliki 3 daerah pemilihan.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL dalam data real count KPU pukul 16.05 Wib, Nasdem memperoleh suara total di tiga dapil Sulsel sebanyak 521.83.

Dengan rincian, pada Dapil Sulsel I Nasdem memperoleh 136.969 suara, Dapil Sulsel II meraup 124.337 suara dan Dapil Sulsel III 260.589 suara.

Terdapat para caleg unggulan Nasdem di dapil Sulsel, di antaranya Fatmawati Rusdy, Rudianto Lallo, Teguh Iswara Suardi, Muallim Tampa, Rusdi Masse Mappasessu dan lain sebagainya.

Dengan ditambah efek ekor jas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, para Caleg Nasdem Sulsel bisa bertarung maksimal memenangkan partainya.

SYL yang termasuk tokoh berpengaruh di Sulsel, pernah menjabat gubernur dua periode, sejatinya bisa menambah pundi-pundi suara Nasdem di Sulsel jika tak menjadi tersangka. Namun di luar dugaan, suara Nasdem justru melejit usai SYL ditetapkan sebagai tersangka KPK. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA