Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahri Hamzah: Anggaran untuk Partai Oposisi Harus Ditambah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 21 Februari 2024, 08:46 WIB
Fahri Hamzah: Anggaran untuk Partai Oposisi Harus Ditambah
Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah/Net
rmol news logo Sistem pembiayaan partai politik, termasuk keberadaannya di dalam atau di luar pemerintahan, perlu diperhatikan.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah, berpendapat, sistem pembiayaan partai politik tidak boleh berefek pada kepercayaan diri sebuah partai politik.

Lewat keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (21/2), di mengatakan, jangan sampai partai politik kesulitan membangun gerakan mereka, terutama yang memerlukan sumber daya ekonomi di dalamnya.

"Salah satu proposal yang pernah saya usulkan, pembiayaan partai politik jangan dibiarkan menjadi urusan pribadinya, karena akan terjadi relasi yang tidak sehat antara partai dengan perusahaan," tuturnya.

Padahal, sambung dia, Parpol tetap ingin menjalankan fungsinya dengan baik, tidak merasa di luar pemerintahan (oposisi), punya hak hidup dan berkembang.

Karena itu pemerintah harus memperbaiki sistem ekonomi partai politik, baik yang ada di dalam maupun di luar pemerintahan.

Di negara-negara operasi parlementer, negara mengeluarkan pembiayaan kepada partai oposisi lebih banyak, ketimbang membiayai partai yang ada di dalam pemerintahan.

"Oposisi itu baik buat negara, baik bagi pemerintahan. Makanya, anggaran negara untuk oposisi justru harus ditambah. Sebab suara yang berbeda dengan pemerintah justru begitu lebih real, begitu saya kira," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA