Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambangi RPM Waste4Change, Ganjar Tawarkan Bank Sampah Dibentuk di Tingkat RW

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 05 Februari 2024, 17:33 WIB
Sambangi RPM Waste4Change, Ganjar Tawarkan Bank Sampah Dibentuk di Tingkat RW
Ganjar Pranowo saat mengunjungi Rumah Pemulihan Material (RPM) Waste4Change di Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/2)/Ist
rmol news logo Pendirian bank sampah hingga tingkat RW, menjadi langkah konkret yang ditawarkan Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo, sebagai penyelesaian masalah sampah.

Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo saat mengunjungi Rumah Pemulihan Material (RPM) Waste4Change di Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/2).

"Kalau ini (bank sampah) bisa dimasukkan ke masing-masing RW, saya yakin mereka akan membereskan persoalan sampah dari awal," ujar Ganjar.

Ganjar menilai bahwa pengelolaan sampah seperti yang terjadi di RPM Waste4Change, dengan melibatkan pemulung, penerima sampah untuk dijual, dan pengelola sampah, dapat menciptakan lapangan kerja.

"Kalau kita bicara ekonomi sirkuler, ternyata bagus sekali, bisa mereka selesaikan. Plastiknya diolah, dan sudah ada offtakernya," tuturnya..

Selain mendorong bank sampah, Ganjar juga berkomitmen untuk menggalakkan regulasi pemerintah terkait pengelolaan sampah.

Dia mengusulkan adanya regulasi yang mendukung serta memberikan insentif dan bantuan kepada pemulung dan pihak terkait dalam pengelolaan sampah.

"Tinggal ada dua saja, membuat regulasi, memberikan insentif atau pun bantuan kepada mereka," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA