Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganjar Pranowo Siapkan Langkah Taktis Dukung Teri Medan Tembus Pasar Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 29 Januari 2024, 09:04 WIB
Ganjar Pranowo Siapkan Langkah Taktis Dukung Teri Medan Tembus Pasar Internasional
Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo saat menyapa masyarakat Kampung Nelayan Kurnia, Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara/Ist
rmol news logo Ada peluang produsen Teri Medan untuk bisa menembus pasar internasional. Terlebih, di pasar dalam negeri Teri Medan sudah tersohor dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Begitu dikatakan Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo saat menyapa masyarakat Kampung Nelayan Kurnia, Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

“Di Belawan, di Sumatera Utara, di Medan ini ada (produk) terkenal namanya teri. Teri Medan ini cukup mahal dan itu produksinya sangat diminati oleh banyak pedagang. Mereka berharap ini bisa go international,” kata Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulis, Senin (29/1).

Untuk mewujudkan itu, kata Ganjar,  langkah utama yang harus dilakukan adalah menggenjot produktivitas panganan lokal tersebut, yang dimulai dari nasib para nelayan itu sendiri.

Katanya, nelayan sebagai pahlawan pangan dalam sektor perikanan ini memiliki peran vital mendulang kedaulatan pangan, pemenuhan gizi, serta mendorong ekonomi ibu pertiwi lebih berdaulat.

Ganjar menekankan, dia bersama pasangannya di Pilpres 2024 Mahfud MD, memiliki komitmen kuat terhadap kesejahteraan nelayan. Yakni melalui program menghapus utang dari kredit macet, dan pengoptimalan pemerataan bantuan-bantuan melalui KTP Sakti.

Setelah kesejahteraan dari para nelayan ini sudah terjamin, lanjutnya, langkah berikutnya adalah melakukan pendampingan, pelatihan, dan jaringan pemasaran baik kepada nelayan maupun UMKM yang memproduksi Teri Medan.

"Prosesnya mulai kita lakukan pendampingan, sampai packaging, sampai kemudian kita bantu agar bisa go international dan saya kira ini potensi rakyat yang bagus sekali," demikian Ganjar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA