Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alam Ganjar Napak Tilas Peradaban Banten Lama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 17 Januari 2024, 16:19 WIB
Alam Ganjar Napak Tilas Peradaban Banten Lama
Putra calon presiden nomor urut 3, Muhammad Zinedine Alam Ganjar/Ist
rmol news logo Putra calon presiden nomor urut 3, Muhammad Zinedine Alam Ganjar napak tilas dengan berkunjung ke sejumlah tempat bersejarah di Kota Serang, Banten.

Dalam kunjungan tersebut, Alam mendatangi tempat wisata Banten Lama untuk memperoleh informasi seputar peradaban, kerajaan dan kebudayaan Banten pada masa lalu.

Di sana, Alam mendapatkan kesempatan untuk berziarah ke makam Makam Sultan Maulana Hasanudin, anak dari Sunan Gunung Jati yang merupakan raja pertama dari Kesultanan Banten.

Kesultanan Banten merupakan kerajaan bercorak Islam yang berdiri pada 1552 sampai 1813. Kesultanan Banten mencapai puncak kejayaannya pada masa kepemimpinan Sultan Ageng Tirtayasa pada abad ke-17 (1651-1672).

Setelah berziarah, Alam lantas mendatangi Museum Situs Lama Kepurbakalaan Kota Lama Banten diresmikan 15 Juli 1985. Di sana, Alam ditemani oleh sejumlah kalangan, termasuk tokoh masyarakat dan komunitas pemuda setempat.

Dalam museum tersebut, Alam tampak fokus memperhatikan berbagai informasi seputar sejarah, peradaban dan kebudayaan Banten yang merupakan salah satu wilayah penghasil rempah-rempah pada masanya.

Seusai rangkaian kunjungan, Alam berdiskusi bersama sejumlah warga yang datang. Dia mengungkapkan bagaimana potensi yang dimiliki Banten, mulai dari kebudayaan, alam hingga kondisi masyarakat.

"Bagaimana caranya kita bisa berinovasi, apabila kawasan ini akan difokuskan menjadi suatu kawasan wisata dan belajar," kata Alam dalam keterangan tertulis, Rabu (17/1).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA