Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Merasa Dizalimi, Tak Heran Paslon 1 dan 3 Koalisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 14 Januari 2024, 16:01 WIB
Merasa Dizalimi, Tak Heran Paslon 1 dan 3 Koalisi
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Wacana bergabungnya (koalisi) kubu Paslon Capres-Cawapres Nomor Urut 1, Anies-Muhaimin dengan Paslon 3 Ganjar-Mahfud, bisa saja terjadi, jika Pilpres berlangsung dua putaran.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, berpendapat, isu koalisi itu mencuat, karena kubu Prabowo-Gibran diyakini bakal lolos putaran kedua.

"Tak heran kalau kemudian muncul narasi, di putaran kedua kubu 1 dan 3 bakal berkoalisi, karena memiliki isu bersama," kata Adi kepada Kantor Berita Politik RMOL, melalui pesan WhatsApp di Jakarta, Minggu (14/1).

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu juga membeberkan, isu bersama yang digaungkan paslon 1 dan 3 adalah menyelamatkan demokrasi, melawan neo Orba, melawan politik dinasti, dan merasa sama-sama dizalimi.

"Inilah yang makin menguatkan isu koalisi 1 dan 3 bakal terwujud," jelas Adi Prayitno.

Kendati begitu, pembahasan soal koalisi di putaran kedua masih sebatas pernyataan elite, dan belum ada pembicaraan resmi.

"Tetapi andai Pilpres hanya berlangsung satu putaran, maka penggabungan koalisi 1 dan 3 sudah tak lagi relevan," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA