Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu Masih Dinamis, Turun-Naik Elektabilitas Hal Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 02 Januari 2024, 12:31 WIB
Pemilu Masih Dinamis, Turun-Naik Elektabilitas Hal Biasa
Ilustrasi Pemilu 2024/RMOLNetwork
rmol news logo Situasi politik dalam Pemilu 2024 saat ini masih dinamis dan kompetitif, sehingga penurunan atau kenaikan elektabilitas pasangan calon merupakan hal biasa dan wajar terjadi.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menuturkan, naik turunnya elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden menandakan bahwa pemilu saat ini cukup kompetitif.

"Yang paling penting dalam survei itu tren sih, kalau ada tren pertumbuhan itu bagus, kalau ada kenaikan juga bagus. Jadi tidak ada yang menurut saya naik atau turun, ini pemilunya masih kompetitif," kata Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (2/1).

Pangi menambahkan, makin mendekati hari pencoblosan pada 14 Februari nanti, suhu politik pasti akan lebih meningkat dibandingkan sekarang.

Oleh sebab itu, fluktuasi elektabilitas pasangan calon perlu dicermati oleh masyarakat sebagai hal yang wajar dalam negara demokrasi.

"(Politik) masih sangat dinamis, fluktuasi masih terjadi, atmosfer politik masih kuat, tensi politik makin naik, akan ada perang urat saraf, atau men-downgrade secara karakter, ada yang negative campaign, black campaign," tuturnya.

"Tetapi kita berharap pemilu tidak menghalalkan segala cara, tetapi pemilu yang betul-betul fair, yang equal, yang ikut pada aturan hukum, enggak diskriminatif," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA