Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Elektabilitas di Bawah 50 Persen, Ganjar dan Prabowo Paling Berpeluang Melaju Putaran Dua Pilpres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 28 Desember 2023, 15:21 WIB
Elektabilitas di Bawah 50 Persen, Ganjar dan Prabowo Paling Berpeluang Melaju Putaran Dua Pilpres
Ilustrasi/RMOL
rmol news logo Pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD paling potensial bertarung melawan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada putaran kedua Pilpres 2024.

Begitu temuan survei yang dilakukan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bersama Alvara Research Center.

"Kemungkinan (pilpres) berlangsung dua putaran. Dan, peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud," kata Ketua FAPTI, Andre Rahadian dalam keterangan tertulis, Kamis (28/12).

Prediksi Pilpres 2024 berlangsung dua putaran karena dalam survei itu tingkat elektabilitas para capres-cawapres belum ada yang menyentuh angka 50 persen.

Hasil survei itu mencatatkan sebanyak 46 persen responden akan memilih pasangan Prabowo-Gibran, lalu Ganjar-Mahfud menyusul dengan 26,4 persen.

Sementara pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan elektabilitas 21,3 persen. Serta responden menjawab tidak tahu sebanyak 6,3 persen.

Survei kali ini dilakukan di seluruh Indonesia melibatkan 1.262 responden secara nasional, dan 4.000 responden di Jawa yang didominasi oleh generasi Z dan milenial sebesar 74.9 persen.

Dari total responden muda itu, sebanyak 56,2 persen di antaranya merupakan warga yang tinggal di wilayah perkotaan di Indonesia.

Survei menetapkan margin of error diperkirakan sebesar 2,8 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA