Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Polling Institute: Milenial-Gen Z Lebih Pilih Prabowo-Gibran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 27 Desember 2023, 20:43 WIB
Survei Polling Institute: Milenial-Gen Z Lebih Pilih Prabowo-Gibran
Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim/Ist
rmol news logo Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil menarik simpati kalangan muda. Hasil survei terbaru Polling Institute, pasangan nomor urut dua itu semakin banyak didukung anak muda, terutama usia milenial dari generasi z.

Seperti diketahui, Pemilu 2024 didominasi pemilih dari kalangan milenial dan generasi z. Dari 204.807.222 pemilih, 66,8 juta merupakan milenial, sementara generasi z mencapai 46,8 juta pemilih.

“Jika dibedah dari kelompok umur, pasangan Prabowo-Gibran paling banyak didukung milenial dan generasi z,” kata Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Dinamika Migrasi Pemilih Jokowi, Debat Capres, dan Elektabilitas’ secara virtual, Rabu (27/12).

Survei Polling Institute dilakukan dalam rentang 15-19 Desember 2023, melibatkan 1.230 responden yang diwawancarai melalui sambungan telepon, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Menurut Kennedy, dari pemilih berusia 21 tahun ke bawah, 67,3 persennya mendukung Prabowo-Gibran. Hanya 9 persen yang memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, sedang yang memilih Ganjar Pranowo-Mahfud MD 8,6 persen.

Begitu juga pemilih berusia 22 hingga 25 tahun. Sebanyak 58,4 persen mendukung Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin 19,1 persen, sementara Ganjar-Mahfud 11,5 persen. “Dukungan untuk Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud bersaing dari kelompok ini,” tambah Kennedy.

Kennedy juga mengungkapkan, pemilih usia 26-40 tahun, termasuk dalam generasi milenial, juga banyak yang memilih Prabowo-Gibran.

Angkanya mencapai 47,9 persen. Dukungan untuk Anies-Muhaimin dari kelompok ini 27,9 persen. Sementara Ganjar-Mahfud 18,5 persen.

“Pemilih dengan usia 41-55 tahun, berdasar temuan kami, 40,3 persen mendukung Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud 26,6 persen, dan Anies-Muhaimin 21,7 persen,” tutup Kennedy.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA