Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PEMILU 2024

Cipayung Plus Serukan Capres-cawapres Tak Posisikan Kaum Muda Objek Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 23 Desember 2023, 19:18 WIB
Cipayung Plus Serukan Capres-cawapres Tak Posisikan Kaum Muda Objek Politik
Diskusi Publik dan Deklarasi Kebangsaan Cipayung Plus, di Rumah Kebangsaan Cipayung Plus, Jakarta Selatan, Sabtu (23/12)/Ist
rmol news logo Mahasiswa mendorong persatuan dan kesatuan tetap dijaga dalam pelaksanaan Pemilu 2024 demi kepentingan bangsa Indonesia.

Demikian pernyataan sikap para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus yang terdiri dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

"Pemilu 2024 harus mengutamakan kepentingan rakyat, bangsa dan negara dalam platform persatuan nasional," kata Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Abd. Musawir Yahya dalam Diskusi Publik dan Deklarasi Kebangsaan Cipayung Plus, di Rumah Kebangsaan Cipayung Plus, Jakarta Selatan, Sabtu (23/12).

Persatuan nasional, lanjut Musawir harus dikedepankan dalam Pemilu 2024. Hal tersebut demi meminimalisir polarisasi politik dalam proses maupun pasca Pemilu 2024.

Pemilu 2024, kata dia, harus dijadikan sebagai momentum pertarungan gagasan atau programa untuk menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

"Baik dalam kehidupan global maupun nasional," kata Musawir.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (PP HIKMAHBUDHI) Wiryawan mengatakan, Cipayung Plus mendorong komitmen masing-masing calon presiden, calon wakil presiden serta partai politik (parpol) untuk memposisikan kaum muda bukan hanya sebagai objek politik, dengan membuka ruang seluas-luasnya di dalam ruang kekuasaan jika memenangkan pertarungan Pemilu 2024.

"Mendorong komitmen para capres-cawapres, anggota legislatif dan kepala daerah untuk mengatasi persoalan yang dihadapi kaum muda seperti akses pendidikan dan kesehatan," kata Wiryawan.

Cipayung Plus, kata dia, juga berkomitmen untuk mendorong dan mengawal Pemilu 2024 agar tetap berjalan dengan berkualitas, transparan dan demokratis, damai, jujur dan selalu mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Umum PB PMII M. Abdullah Syukri, Ketua Umum PP KAMMI Zaky Ahmad Rivai, Ketua Umum PP GMKI Jefry Gultom, Ketua Presidium PP PMKRI Tri Natalia Urada, Ketua Umum PP KMHDI I Wayan Darmawan, dan  Ketua Umum Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN LMND) Muhammad Asrul. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA