Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganjar Dorong Optimalisasi Potensi Pengembangan Desa Wisata untuk Bangun Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 18 Desember 2023, 13:39 WIB
Ganjar Dorong Optimalisasi Potensi Pengembangan Desa Wisata untuk Bangun Ekonomi
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, saat menyapa warga Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah/Ist
rmol news logo Potensi desa harus dioptimalkan warganya untuk menjadi sumber pendapatan. Salah satunya, mengembangkan wilayah itu menjadi desa wisata yang dikenal secara nasional.

Begitu dikatakan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, saat menyapa warga Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Ganjar menyampaikan bahwa potensi desa wisata di Indonesia, apalagi di Jawa Tengah sangat besar. Namun, manajemen potensi desanya harus lebih disiapkan dan dimatangkan.

"Banyak sekali desa-desa wisata yang tumbuh, ini salah satu contoh yang bagus cuma baru bisa agak ramai kalau weekend. Maka, saya sampaikan yuk manajemennya kita perbaiki," ujar Ganjar, Senin (18/12).

Saat menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar melakukan pengembangan desa wisata dengan berbagai inovasi. Salah satunya dengan mengucurkan dana Rp1 miliar melalui Perda untuk merangsang warga dalam optimalisasi potensi desa.

"Di Jawa Tengah beberapa desa wisata yang bagus kita kasih insentif dengan perda dengan DPRD kita bantu sampai Rp1 miliar. Itu untuk merangsang agar mereka tumbuh," tuturnya.

Terpenting, ditekankan Ganjar, pengembangan desa wisata harus melibatkan kalangan milenial. Terutama, dalam menggencarkan promosi desa wisata melalui media sosial.

"Cara memasarkan masuk kepada medsos, anak-anak muda diminta membuat vlog atau kerja sama dengan komunitas itu berjalan," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA