Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alam Ganjar Tekankan Pentingnya Pemerataan Pembangunan di Selatan dan Utara Bali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 18 Desember 2023, 10:25 WIB
Alam Ganjar Tekankan Pentingnya Pemerataan Pembangunan di Selatan dan Utara Bali
Muhammad Zinedine Alam Ganjar, saat melakukan pertemuan bersama sejumlah pengusaha lokal Bali, di Bebek Tepi Sawah, Tuban, Bali, Minggu (17/12)/Ist
rmol news logo Pemerataan pembangunan menjadi satu hal penting untuk lebih dioptimalkan di Pulau Bali. Pemerataan itu, agar tidak terjadi ketimpangan dan mendorong perekonomian di seluruh wilayah Bali semakin berkembang.

Begitu dikatakan putra calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, saat melakukan pertemuan bersama sejumlah pengusaha lokal Bali, di Bebek Tepi Sawah, Tuban, Bali, Minggu (17/12).

"Selama ini hanya Bali Selatan yang pembangunannya massif, ini yang jadi perhatian segenap pihak bagaimana pemerataan pembangunan itu bisa di optimalkan di seluruh wilayah Bali agar pertumbuhan sosial dan ekonominya pun semakin baik," kata Alam dalam keterangan tertulis, Senin (18/12).

Menurut dia, dengan ketimpangan pemerataan tersebut, hal tersebut akan menimbulkan tantangan kemiskinan terhadap masyarakat, karena selama ini pembangunan penunjang sektor pariwisata berada di Bali bagian selatan.

Hanya saja, Alam tidak sepakat dengan rencana bandara di kawasan Bali bagian utara, sebagai solusi pemerataan pembangunan. Menurutnya, hal tersebut hanya akan memindahkan pusat keramaian tetapi tidak meningkatkan wisatawan datang untuk ke Bali.

"Ada wacana untuk membuat bandara di wilayah Bali utara, namun saya lihat perencanaannya tidak terplanning dan hanya dijadikan komoditas politik, maka, saya lihat tidak tercapai sisi objektivitasnya," tuturnya.

Pada sisi lain,  Alam sepakat untuk tetap mengedepankan identitas budaya Bali yang selama ini sudah populer dan dikenal oleh publik dalam menyusun setiap strategi pembangunan yang merata. Terutama, optimalisasi promosi wisata budaya di utara Bali.

"Strategi promosinya tetap harus mengedepankan budaya karena selama ini Bali tak terpisahkan dengan budaya selain alamnya," demikian Alam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA