Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Masalah Debat Capres-Cawapres Bahasa Inggris, TPN Ganjar-Mahfud: Tapi Ini Bukan Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 06 Desember 2023, 13:41 WIB
Tak Masalah Debat Capres-Cawapres Bahasa Inggris, TPN Ganjar-Mahfud: Tapi Ini Bukan Luar Negeri
Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD/Ist
rmol news logo Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menegaskan bahwa tidak masalah debat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris, sebagaimana ajakan TKN Prabowo-Gibran.

“Sebenarnya nggak ada masalah yang substansial ya,” kata Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Sunanto atau Cak Nanto kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Rabu (6/12).

Hanya saja, kata Cak Nanto, apakah masyarakat Indonesia secara umum memahami substansi debat jika menggunakan bahasa Inggris. Sebab, substansi debat capres-cawapres adalah visi misi dan program bisa dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Kalau misalnya bahasa Inggris tapi tidak dipahami, publik tidak semua memahami bahasa Inggris, kan kemungkinan besar substansinya tidak akan tercapai?” kata Cak Nanto.

“Jadi, itu bukan soal bahasa sih sebenarnya,” sambung mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Di sisi lain, Cak Nanto juga menyebut bahwa debat capres-cawapres bukan sekadar untuk ajang adu skill. Lebih substansial dari itu, masyarakat bisa memahami pesan visi misi calon pemimpin Indonesia kelak. Lagipula, debat capres-cawapres ini untuk Pilpres 2024 di Indonesia.

“Menurut saya yang elegan adalah bukan gontok-gantokan kayak adu skill dan sebagainya, tetapi tidak bisa dipahami buat apa? Ini kan bukan debat di luar negeri. Ini debat di Indonesia, konsumsinya orang Indonesia dan rakyat Indonesia, tidak semua bisa memahami,” pungkas Cak Nanto.

Sebelumnya, juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut Prabowo-Gibran sebagai paslon nomor urut 2 siap jika ada sesi khusus debat bahasa Inggris.

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu pun mengaku kubu Prabowo-Gibran siap dengan format debat apapun yang bakal ditetapkan KPU.

Merespons tantangan itu, Jubir Timnas Anies-Muhaimin (Amin) Billy David, menyebut bahwa adanya debat Pilpres 2024 dengan menggunakan bahasa Inggris justru akan menguntungkan Amin.

"Menurut kami kalau ada itu (debat bahasa Inggris) justru menguntungkan untuk Amin dan kita sih siap untuk itu," kata Billy di Sekretariat Perubahan, Jakarta, Selasa kemarin (5/12).rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA