Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peneliti BRIN: Platform Kerja Ganjar-Mahfud Jelas dan Rasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 02 Desember 2023, 20:26 WIB
Peneliti BRIN: <i>Platform</i> Kerja Ganjar-Mahfud Jelas dan Rasional
Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Syafuan Rozi/Net
rmol news logo Pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mulai gencar mengampanyekan visi-misi untuk meraup suara publik jelang Pilpres 2024.

Pandangan Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Syafuan Rozi, dari tiga pasangan capres-cawapres 2024, pasangan Ganjar-Mahfud dinilai cukup fokus terhadap isu ketahanan pangan, lapangan kerja, hingga isu ekonomi dan buruh.

Hal itu disampaikan Syafuan Rozi merespons survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) terkait elektabilitas Capres-cawapres di kalangan buruh. Dalam survei tersebut, persentase Ganjar-Mahfud terkait kepedulian atas buruh dan ketenagakerjaan mencapai 68 persen. Pasangan Anies-Cak Imin 12,5 persen, dan Prabowo-Gibran 10,75 persen.

"Dalam penilaian saya, sejauh ini baru platform kerja pasangan Ganjar-Mahfud jelas dan rasional," kata Syafuan Rozi dalam keterangannya, Sabtu (2/12).

Di sisi lain, Syafuan Rozi menilai isu buruh, ketahanan pangan, penciptaan lapangan kerja hingga ekonomi menjadi tantangan terberat bagi ketiga pasangan untuk mengarungi pemerintahan mendatang.

"Bisa jadi, faktor itu pula yang membuat dukungan publik kepada Ganjar-Mahfud semakin kuat, khususnya kalangan buruh," lanjut Syafuan.

Tantangan lain bagi Capres-Cawapres, adalah kesempatan demografi. Usia produktif masyarakat yang diproyeksikan masih meningkat hingga 2030 mendatang perlu direspons lebih serius dalam mewujudkan Indonesia.

"Penentunya terletak pada agenda kerja setiap kontestan untuk memformulasikan integrasi dan konektivitas antara sektor industri dengan penyerapan sektor tenaga kerja," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA