Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri dan Panglima TNI Tanda Tangan Netralitas ASN dengan Bawaslu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 27 November 2023, 11:02 WIB
Kapolri dan Panglima TNI Tanda Tangan Netralitas ASN dengan Bawaslu
Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Gerakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI/RMOL
rmol news logo Penandatanganan komitmen netralitas aparatur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), digelar dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Gerakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, secara langsung menandatangani komitmen netralitas kedua lembaga yang dipimpinnya itu, dalam acara yang digelar di Grand Sahid Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Dalam acara itu, Panglima TNI dan Kapolri melakukan prosesi tanda tangan setelah dibacakan deklarasi komitmen netralitas TNI-Polri dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, yang tujuannya untuk memastikan prinsip demokrasi berjalan.

"Menjaga dan menegakan prinsip netralitas, menghindari konflik kepentingan dan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu, bersama-sama melakukan upaya pencegahan pelanggaran pemilu dan politik uang, dan saling bersinergi untuk menjaga kondusifitas penyelenggaraan pemilu," demikian bunyi komitmen yang dibacakan.

Setelah itu, Panglima TNI dan Kapolri menandatangani komitmen yang ditulis dalam sebuah dokumen, disaksikan langsung oleh seluruh pimpinan Bawaslu RI, pimpinan KPU RI, dan juga 3 pasangan calon presiden-wakil presiden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA