Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasil Kajian Kang Tamil: Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud Lolos Putaran Dua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 26 November 2023, 10:26 WIB
Hasil Kajian Kang Tamil: Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud Lolos Putaran Dua
Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan/Ist
rmol news logo Dilihat dari berbagai pandangan, tidak ada pasangan capres-cawapres yang mampu memenangkan kontestasi Pilpres 2024 dengan satu putaran.

Begitu disampaikan komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (26/11).

Kang Tamil mengaku telah melakukan kajian kualitatif dengan berbagai metode penelitian, yakni dilihat dari pernyataan para capres di ruang publik, pandangan masyarakat, pandangan pendukung, pola para buzzer masing-masing capres di media sosial, serta persepsi masyarakat terhadap capres dari penetrasi pola kampanye yang dilakukan.

"Nah kajian saya, berat untuk pilpres ini bisa berhasil di satu putaran. Artinya apa, tidak ada satu capres pun yang memiliki kekuatan dorong menang yang begitu besar sehingga sangat mendominasi dari capres lainnya, saya ndak melihat itu," kata Kang Tamil.

Kang Tamil mengatakan, dalam kajiannya, Pilpres 2024 nanti tetap akan terjadi dua putaran, meskipun pemenang di putaran pertama adalah pasangan capres-cawapres nomor urut dua, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kajian saya itu menghasilkan Pak Prabowo ini mentok di 38 persen. Lalu disusul oleh Ganjar yang mentok di kira-kira 32 persen. Dan pasangan Anies-Cak Imin itu hanya berada di kisaran 24 persen. Margin of error dalam penelitian kualitatif ini itu kurang lebih 3 persen," jelas Kang Tamil.

Sehingga, kata Kang Tamil, dengan kajiannya itu, dapat dilihat tidak ada capres-cawapres yang bisa menang mutlak di satu putaran.

"Karena apa, karena persepsi masyarakat terhadap mereka ini punya plus dan punya minus. Besaran plus minusnya itu kita bisa lihat seimbang. Sehingga daya dorong untuk menang satu putarannya itu tidak ada," pungkas Kang Tamil.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA