Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polling Institute: Elektabilitas PDIP Masih Perkasa, PSI Perlahan Naik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 23 November 2023, 16:08 WIB
Polling Institute: Elektabilitas PDIP Masih Perkasa, PSI Perlahan Naik
Bendera Partai politik peserta Pemilu 2024/RMOL
rmol news logo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih perkasa sebagai partai politik dengan elektabilitas paling tinggi.

Merujuk survei terbaru Polling Institute, elektabilitas PDIP mencapai 21 persen. Posisi kedua ada Gerindra dengan 18,6 persen, dan posisi ketiga ditempati Golkar dengan 8,9 persen.

“Dibanding temuan sebelumnya, PDIP cenderung menurun semenjak Agustus. Sementara Gerindra mengalami penguatan, dan partai lainnya cenderung stagnan dibanding Agustus,” kata peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim saat memaparkan surveinya secara daring, Kamis (23/11).

Sementara di posisi selanjutnya, ada PKB dengan elektabilitas 7 persen, PKS, Nasdem, Demokrat masing-masing 5,9 persen, dan PAN 4 persen.

Beralih dari papan atas, ada tren cukup menarik dialami Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kini dipimpin oleh Kaesang Pangarep.

“Ada peningkatan (elektabilitas PSI) dari 1,6 persen jadi 2,3 persen,” jelas Kennedy.

Tren peningkatan elektabilitas ini terjadi karena beberapa faktor, yakni alasan responden mendukung kebijakan partai dengan persentase 11 persen. Kemudian alasan pemilih tetap sebanyak 5,7 persen, dan alasan tingkat kesukaan terhadap capres yang didukung PSI, yakni 4,5 persen.

Survei Polling Institute dilakukan dalam rentang 15-17 November 2023 dengan melibatkan 1.496 responden. Margin of error survei kurang lebih 2,6 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA