Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganjar Dorong Revitalisasi KUD untuk Tumbuhkan Wirausaha Petani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 18 November 2023, 19:10 WIB
Ganjar Dorong Revitalisasi KUD untuk Tumbuhkan Wirausaha Petani
Calon presiden Ganjar Pranowo saat menjadi narasumber dalam acara Sarasehan Nasional Ikatan Alumni Universitas Negeri Makassar/Ist
rmol news logo Revitalisasi Koperasi Unit Desa (KUD) bisa menjadi salah satu jalan, untuk menyelesaikan permasalahan kebutuhan petani, khususnya soal pupuk, hingga untuk kemudahan dan kesejahteraan para petani Indonesia.

Begitu dikatakan calon presiden Ganjar Pranowo saat menjadi narasumber dalam acara Sarasehan Nasional Ikatan Alumni Universitas Negeri Makassar di Hotel Four Points, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Di banyak tempat pupuk sulit, harga beras mahal, yang saya bayangkan, kenapa kita enggak hidupkan lagi KUD lagi," kata Ganjar, Sabtu (18/11).

Ganjar menyoroti kebutuhan mendampingi dan melatih para pengelola koperasi agar menjadi profesional. KUD yang dikelola dengan baik, diharapkan bisa menumbuhkembangkan wirausaha para petani.

"Saya kira perlu direvitalisasi kekuatannya. Dan ini kalau bisa kita lakukan, maka petani-petani kita akan punya banyak sekali kenyamanan, keamanan, bahkan membangun entrepreneur diantara mereka," tuturnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menekankan upaya untuk mempermudah dalam pendirian koperasi. Hal ini agar masyarakat di berbagai daerah bisa lebih banyak mendirikan koperasi.

"Inilah yang mesti kita lakukan agar mereka bisa mendapatkan akses yang lebih mudah, dari, oleh untuk anggota yang lebih banyak lagi bisa diberikan," demikian Ganjar.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA